Bupati Pulang Pisau Ajak Masyarakat Peduli Sampah

id Pulang Pisau, Pulpis, Bupati Pulpis, Edy Pratowo, Deklarasi Bebas Sampah Tahun 2020, Deklarasi Bebas Sampah, Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Pulang P

Bupati Pulang Pisau Ajak Masyarakat Peduli Sampah

Bupati Pulang Pisau, H Edy Pratowo (tengah) bersama dengan berbagai elemen masyarakat dalam Deklarasi Bebas Sampah Tahun 2020 yang dilaksanakan di taman kota Jalan Tingang Menteng. (Foto Antara Kalteng/Adi Waskito)

Pulang Pisau (Antara Kalteng) - Bupati Pulang Pisau, H Edy Pratowo mengajak masyarakat setempat untuk peduli sampah yang ada di lingkungan masing-masing. 

"Deklarasi Bebas Sampah Tahun 2020 tidak bisa terwujud tanpa peran serta masyarakat didalamnya dengan didukung oleh para pemangku kepentingan," kata Edy Pratowo di Pulang Pisau, Jumat.

Deklarasi Bebas Sampah, kata Edy Pratowo, merupakan bentuk komitmen dari semua pihak untuk bersama menciptakan lingkungan yang bebas dari sampah. Permasalahan sampah saat ini sudah menjadi isu Nasional, seiring dengan meningkatnya jumlah penduduk yang secara tidak langsung bertambahnya volume sampah.

Sampah harus di manajemen dan dikelola dengan baik, agar dimasa mendatang masalah sampah tidak menjadi persoalan. 

"Kesadaran dari semua elemen masyarakat terhadap kebersihan dan sampah harus dibangun sedini mungkin agar kebersihan lingkungan menjadi perhatian semua," kata Edy.

Selain itu mengembalikan fungsi lingkungan didalam kehidupan di masyarakat menjadi sebuah keharusan, sehingga perkembangan dan kemajuan kota tetap menjaga dan memperhatikan lingkungan dan kebersihan.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Pulang Pisau, Wartony mengatakan melalui Deklarasi Bebas Sampah Tahun 2020 yang diikuti berbagai elemen di dalam masyarakat, diharapkan bisa menggugah kesadaran masyarakat setempat terhadap sampah.

Dikatakannya Deklarasi Bebas Sampah ini dipadukan dengan rangkaian Jumat Bersih. Ia juga berharap masyarakat memperhatikan lingkungannya untuk bebas dari sampah. Sosialisasi juga terus diberikan pihaknya agar kebiasaan masyarakat membuang sampah-sampah ke sungai bisa diminimalisir.