Bupati Barito Utara Lantik Dewan Hakim STQ

id Barito Utara, Barut, Muara Teweh, Bupati Barut, Nadalsyah, STQ, Lantik Dewan Hakim STQ, kalimantan tengah, kalteng

Bupati Barito Utara Lantik Dewan Hakim STQ

Bupati Barito Utara Nadalsyah ketika melantik dewan hakim STQ ke 48 tingkat Kabupaten Barito Utara, digedung Balai Antang Muara Teweh, Jumat (24/3/17). (Foto Antara Kalteng/Kasriadi)

Muara Teweh (Antara Kalteng)-Bupati Barito Utara, Kalimantan Tengah Nadalsyah melantik dewan hakim Seleksi Tilawatil Quran (STQ) ke-48 tingkat kabupaten setempat yang digelar 24-27 Maret 2017.

"Kata-kata yang tertuang dalam ikrar janji dewan hakim dan panitera yang dibacakan, tugas dewan hakim maupun panitera, sungguh tidak ringan," kata Bupati Nadalsyah di Muara Teweh, Jumat.

Menurut Nadalsyah, tugas ini menuntut tanggung jawab hati nurani. Keputusan dewan hakim tidak dapat digugat, oleh karena itulah dewan hakim harus cermat, jujur, benar dan objektif dalam menentukan nilai.

Dewan hakim maupun panitera harus independen dan bebas dari segala pengaruh, kepentingan dan godaan untuk berpihak serta berlaku tidak jujur. Untuk itu agar dewan hakim untuk selalu konsisten berpegang kepada pedoman perhakiman dan mengesampingkan secara faktor yang dapat mempengaruhi kemurnian penilaian.

"Di dalam kode etik dewan hakim dan panitera STQ tidak membenarkan untuk menrima sesuatu pemberian atau apapun sebagai ungkapan terima kasih, sepanjang hal iytu berkaitan atau patut diduga berkaitan dengan kepesertaan atau kejuaraan dalam STQ tingkat Kabupaten Barito Utara ini," katanya.

Untuk itu, kata Nadalsyah diharapkan pelaksanaan STQ ke-48 tahun 2017 tingkat Kabupaten Barito Utara ini semakin berkulitas dan mengalami peningkatan dalam semua aspeknya.

Dia juga meminta, agar LPTQ Kabupaten Barito Utarasebagai lembaga yang berkompeten dalam pengembangan kegiatan Tilawatil Qur'an, bahwa kualitas perhakiman dan sistem penilaian harus semakin baik dari waktu ke waktu. Dari satu MTQ ke MTQ berikutnya harus ada peningkatan dan kemajuan yang terlihat secara nyata.

STQ dan MTQ yang dilaksanakan setiap tahunnya, sudah merupakan program pemerintah khususnya pemerintah kabupaten Barito Utara, sehingga dalam pelaksanaannya pemerintah kabupaten telah mengalokasikan dana melalui APBD.

"Oleh karena itu kami berharap kiranya pelaksanaan STQ ke-48 ini dapat bermanfaat sebagaimana yang diharapkan," ujar Nadalsyah.