Legislator Dukung Usulan Revitalisasi Pasar Palangka Raya

id dprd palangka raya, palangka raya, jumat'ni, pasar palangka raya, kalimantan tengah

Legislator Dukung Usulan Revitalisasi Pasar Palangka Raya

Anggota DPRD Palangka Raya, Jum`atni (FOTO ANTARA Kalteng/Ronny NT)

Palangka Raya (Antara Kalteng) - Anggota Komisi B Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Palangka Raya, Jumat'ni mendukung usulan revitalisasi sejumlah pasar di Palangka Raya.

"Kami selaku pihak legislatif mendukung usulan pemerintah kota terkait revitalisasi tiga pasar itu. Apalagi keuangan yang dimiliki pemerintah kota memang terbatas," katanya di Palangka Raya, Jumat.

Menurut politisi partai berlambang matahari terbit ini, bantuan dana dari pemerintah pusat untuk revitalisasi pasar di "Kota Cantik" ini sangat diperlukan.

"Jika hanya mengandalkan pendanaan dari pemerintah kota, kita tidak tahu kapan pasar yang ada akan diperbaiki. Maka itu saya rasa upaya pemerintah kota itu tepat dan harus diperjuangkan," katanya.

Sebelumnya, Dinas Perindustrian dan Perdagangan, Kota Palangka Raya, kini mengaku telah menyusun usulan revitalisasi tiga pasar di kota setempat.

Pantauan di lapangan, sejumlah pasar tradisional milik pemerintah itu sudah mulai menuju konsep pasar modern dan tertata.

Namun, penataan tersebut terlihat belum maksimal karena sejumlah pedagang dalam menjajakan barang dagangannya melebihi tempat yang ditentukan dengan dalih kios yang ada tidak mampu menampung barang.

Sejumlah kios di Pasar Kahayan dan Pasar Datah Manuah justru terlihat kosong. Pada beberapa sisi bangunan seperti atap terlihat jebol dengan dinding retak dan berlumut.

Ketua Komisi B DPRD Palangka Raya, Nenie A Lambung pun meminta pemerintah kota dapat berinovasi dalam pengelolaan pasar.

"Inovasi tersebut harus dilakukan sehingga pasar yang ada semakin ramai oleh penjual dan pembeli," kata Politisi PDI Perjuangan itu.