Hilangkan Kebiasaan Bakar Lahan, Ini Ajakan DKPP Seruyan Kepada Petani

id seruyan, dkpp seruyan, kebiasaan bakar lahan, kalimantan tengah

Hilangkan Kebiasaan Bakar Lahan, Ini Ajakan DKPP Seruyan Kepada Petani

Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Seruyan Sugian Noor. (Istimewa)

Kuala Pembuang (Antara Kalteng) - Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kabupaten Seruyan, Kalimantan Tengah mengajak petani yang ada di kabupaten tersebut untuk mulai menghilangkan kebiasaan membuka atau membersihkan lahan dengan cara membakar.

"Karena larangan membakar hutan dan lahan merupakan aturan yang harus ditaati dan tak bisa ditawar-tawar lagi, sehingga tidak ada alasan bagi siapapun membakar lahan meski itu untuk membuka atau memberiskan lahan pertanian," kata Kepala DKPP Seruyan Sugian Noor di Kuala Pembuang, Jumat.

Mantan Asisten II Sekretaris Daerah Seruyan ini mengatakan, merubah kebiasaan petani untuk tidak membakar lahan memang tidak mudah mengingat membakar lahan sudah menjadi kebiasaan turun-temurun dilakukan petani ladang di sejumlah kecamatan seperti Kecamatan Seruyan Hulu dan Kecamatan Suling Tambun.

"Tetapi dengan adanya aturan larangan membakar hutan dan lahan, maka petani harus mulai menyesuaikan," katanya.

Ia menambahkan, Pemkab Seruyan juga menyadari merubah perilaku petani juga membutuhkan biaya yang besar untuk subsidi biaya produksi karena rata-rata kemampuan ekonomi keluarga petani ladang dan sawah masih rendah atau dikategorikan miskin.

"Untuk mendorong perubahan perilaku ini, maka DKPP sebisa mungkin akan membantu petani," katanya.

Bagi petani yang sudah mempunyai lahan petanian tetap yang sebelumnya sudah pernah digarap, maka selanjutnya bisa mengajukan permohonan bantuan untuk kebutuhan membersihkan lahan, misalnya obat pembasmi rumput atau roundup.

Sedangkan bagi petani yang sudah memiliki lokasi lahan yang digunakan untuk bertani namun tidak pernah digarap sebelumnya bisa mengajukan permohonan bantuan untuk pembukaan lahan sehingga pemerintah bisa menurunkan alat berat untuk membantu petani.

"Kami dari DKPP akan berupaya agar musim tanam di Seruyan berjalan normal di tengah pemberlakukan aturan larangan membakar hutan dan lahan," katanya.