Legislator Minta Masyarakat Pelihara Saluran Drainase

id DPRD Palangka Raya, Palangka Raya, Nenie A Lambung, Pelihara Saluran Drainase, kalimantan tengah, kalteng

Legislator Minta Masyarakat Pelihara Saluran Drainase

Sejumlah pekerja lagi membangun drainase dan gorong-gorong di kawasan perumahan Bangas Permai (Foto Antara Kalteng/Ronny NT)

Palangka Raya (Antara Kalteng) - Anggota DPRD Palangka Raya meminta masyarakat ikut memelihara kebersihan saluran drainase, sehingga air yang dialirkan tidak tersendat yang menjadi penyebab tergenang bila hujan deras melanda di daerah tersebut.

Ketua Komisi B DPRD kota, Nenie A Lambung di Palangka Raya, Jumat mengatakan hujan yang sulit diprediksi menuntut perhatian semua pihak untuk menjaga saluran drainase, termasuk masyarakat yang berdomisili di ibu kota provinsi Kalteng.

"Turunya hujan seperti malam tadi Kamis (23/3) tidak bisa kita prediksi, sehingga masih ada saluran drainase yang tidak mengalir normal seperti biasanya akibat kurang dijaga atau dibersihkan. Itu yang perlu kita jaga dan pelihara bersama," katanya.

Politisi PDI Perjuangan itu mengatakan, kurang perhatian masyarakat terhadap kebersihan saluran drainase di beberapa titik membuat badan jalan tergenang saat hujan mengguyur daerah tersebut.

"Oleh karena itu, kami berharap masyarakat ikut berpartisipasi menjaga kebersihan saluran drainase. Saluran drainase yang kotor dan tidak bersih dapat mengakibatkan banjir apalagi bila hujan mengguyur deras dibeberapa kawasan yang dianggap rawan banjir," ucap Nenie.

Selain itu, dia mengimbau masyarakat "Kota Cantik" Palangka Raya dapat menjaga dan memelihara kebersihan lingkungan sekitar, khususnya saluran drainase dibersihkan sehingga pada musim hujan tidak terjadi genangan air di badan jalan karena sudah diatasi sebelumnya.

Masalah kebersihan lingkungan perlu kesadaran bersama seperti masyarakat dan pemerintah, sehingga wilayah kota Palangka Raya terlihat bersih dan indah. Tidak membuang sampah sembarang menjadi salah satu tanda keikutsertaan masyarakat dalam menjaga kebersihan daerah ini, katanya.

"Mari kita bersama menjaga kebersihan lingkungan masing-masing, termasuk saluran drainase. Kepedulian semua pihak diperlukan untuk menghindari banjir bila musim hujan yang sulit diprediksi tersebut mengguyur daerah ini," demikian Nenie.