Ini Tips Liburan Bagi Yang Pertama Kali ke Luar Negeri

id trip, tips, liburan, jalan-jalan, Tips Liburan Bagi Yang Pertama Kali ke Luar Negeri, borneo

Ini Tips Liburan Bagi Yang Pertama Kali ke Luar Negeri

Wisatawan Mancanegara berfoto dengan Polisi berkuda yang berpatroli di pantai sekitar hotel tempat Raja Arab Saudi Salman bin Abdulaziz al-Saud menginap di kawasan Nusa Dua, Bali, Kamis (9/3/17) (ANTARA FOTO/Fikri Yusuf)

Jakarta (Antara Kalteng) - Selalu ada kali pertama untuk segala hal, termasuk liburan ke luar negeri. Travel blogger Marischka Prudence memberi tips untuk Anda yang ingin keluar dari zona nyaman dan berpetualang ke luar Indonesia.

1. Pilih Asia Tenggara

Untuk kali pertama, Prue menyarankan untuk memilih negara-negara tetangga yang bebas visa. Selain lebih praktis, anggaran bisa ditekan dan lebih mudah menyesuaikan diri dengan budaya setempat.

Malaysia bisa jadi pilihan tepat, apalagi bahasa Indonesia serumpun dengan bahasa Melayu sehingga komunikasi tentu lebih mudah. Singapura juga bisa jadi tujuan liburan perdana ke luar negeri karena sisi pariwisatanya maju sehingga informasi mudah didapat.

“Orangnya cenderung individualis tipikal kota besar, tapi helpful kok,” kata Prue.


2. Sesuaikan minat dengan tujuan wisata

Apakah Anda golongan pelancong dengan tujuan mencicipi street food yang lezat? Atau Anda lebih suka menikmati keindahan kuil-kuil peninggalan masa lampau? Pilihlah tempat liburan berisi hal-hal yang sesuai dengan minat Anda.

Ia memberi contoh, “Kalau suka street food, Bangkok. Suka temple-temple menarik, Myanmar.”

3. Ajak teman

Untuk perjalanan perdana, Prue menyarankan agar tidak pergi sendirian. Pengalaman pertama tentu membuat hati berdebar sehingga akan lebih menyenangkan bila ada kawan.

“Kalau temannya baru pertama juga, enggak apa-apa, masih deg-degan kan lebih enak kalau ada teman,” katanya.

Bukan berarti pergi sendirian adalah hal tabu. Boleh saja, tapi pastikan punya koneksi internet di negara yang dituju agar bisa mudah mencari informasi atau mencari jalan pulang saat tersasar.