Lamban Respons Laporan Warga via Medsos, Bupati Tegur Pejabat SKPD

id kotawaringin timur, supian hadi, lamban respons medsos, bupati kotim, kalimantan tengah

Lamban Respons Laporan Warga via Medsos, Bupati Tegur Pejabat SKPD

Bupati Kotim Supian Hadi. (Istimewa)

Sampit (Antara Kalteng) - Bupati Kotawaringin Timur, Kalteng, H Supian Hadi menegur sejumlah pejabat karena lamban merespons kejadian di masyarakat, sehingga dirinya justru mendapat laporan dari masyarakat melalui media sosial.

"Kemarin ada lagi laporan masyarakat soal warga kita yang sakit namun belum dapat bantuan. Fotonya langsung saya kirim ke kepala dinasnya. Hal seperti ini harus cepat ditanggapi, apalagi kalau sudah ramai dibicarakan di media sosial," kata Supian di Sampit, Sabtu.

Supian mengaku sudah tiga bulan lebih makin intens menggunakan media sosial, khususnya instagram. Media sosial menjadi salah satu saluran yang dianggapnya efektif untuk menyerap aspirasi masyarakat, mengingat tidak semua hal diketahuinya saat tinjauan di lapangan.

Pemanfaatan media sosial dilakukan Supian karena dia tidak hanya ingin mendapat laporan internal oleh jajarannya di pemerintah daerah. Banyak informasi maupun keluhan dari masyarakat yang ternyata tidak didapat dalam laporan staf.

Baginya, jika ada warga yang mengadu kepadanya, kemungkinan besar karena warga tersebut tidak mendapat pelayanan yang baik dari aparatur sipil negara. Supian menjadikan pengaduan masyarakat tersebut sebagai bahan untuk meminta penjelasan kepada pejabat terkait agar ditemukan solusinya.

Melalui media sosial, masyarakat tidak sungkan menyampaikan informasi atau keluhan, bahkan dilengkapi bukti berupa foto. Ini sangat membantu Supian untuk menindaklanjuti permasalahan tersebut.

"Masyarakat mengadu karena merasa susah berurusan. Saya ingatkan, jajaran birokrasi harus lebih banyak memberi dan melayani masyarakat supaya masyarakat juga merasa memiliki," ujar Supian.

Untuk mengoptimalkan interaksi dengan masyarakat luas, Supian memerintahkan seluruh pimpinan organisasi perangkat daerah untuk membuat akun dan memanfaatkan media sosial. Langkah ini juga efektif untuk mensosialisasikan program karena masyarakat sudah terbiasa dengan media sosial.

Jika ada keluhan yang disampaikan masyarakat, instansi terkait diminta langsung menindaklanjutinya. Masyarakat sangat berharap respons cepat dari pemerintah daerah terhadap setiap masalah yang mereka sampaikan.