Bupati Barito Utara Buka STQ ke-48

id barito utara, stq barito utara, al quran, kalimantan tengah

Bupati Barito Utara Buka STQ ke-48

Bupati Barito Utara Nadalsyah menyerahkan piala bergilir kepada panitia pelaksana STQ, Arbaidi, didampingi Ketua LPTQ Muhlis dan Kepala Kantor Kementerian Agama setempat, Tuaini Ismail pada pembukaan STQ ke 48 tingkat Kabupaten Barito Utara, di WFC d

Muara Teweh (Antara Kalteng) - Bupati Barito Utara, Kalimantan Tengah, Nadalsyah membuka Seleksi Tilawatil Quran (STQ) ke-48 yang diikuti ratusan kafilah dari sembilan kecamatan dan digelar 24-28 Maret 2017.

"Diharapkan melalui STQ ini kita berikhtiar agar Al Quran senantiasa dipelajari, dipahami dan diamalkan. Agar tumbuh minat yang tinggi untuk mendalami Al Quran sebagai pedoman hidup," kata Nadalsyah saat membuka STQ tingkat Kabupaten Barito Utara di Muara Teweh, Sabtu malam.

STQ ke-48 ini memperlombakan tujuh cabang tilawah yang diikuti anak-anak putra-putri,remaja (putra-putri) dan dewasa di buka di kawasan bantaran Sungai Barito "water front city" Jalan Panglima Batur Muara Teweh dengan dimeriahkan artis yang membawakan lagu-lagu religi yakni Sulistyowati atau Sulis.

Menurut Nadalsyah, pihaknya mengucapkan terima kasih yang tidak terhingga kepada masyarakat serta berbagai pihak yang telah membantu mensukseskan pelaksanaan kegiatan relegius ini.

"Khusus untuk generasi muda, agar semakin giat mengaplikasikan nilai-nilai luhur Al Quran dalam kehidupan sehari hari," kata Nadalsyah.

Bupati Barito Utara itu mengatakan, dalam seleksi yang dilaksanakan kali ini, dapat memilih para qori dan qoriah yang terbaik. Sehingga dapat mengharumkan nama Barito Utara diajang STQ tingkat Provinsi Kalimantan Tengah di Puruk Cahu Kabupaten Murung Raya pada 11-18 April 2017 .

Hal ini untuk menyongsong keberhasilan pelaksanaan STQ, Bupati Barito Utara meminta kepada panitia STQ agar mengoptimalkan seluruh potensi dan sumber daya yang dimiliki.

"Semoga melalui kegiatan STQ ini hubungan silaturahmi antara kita terjalin semakin akrab dan semakin terjaga. Allah SWT didalam Al Quran yang diwahyukan Nya kepada Nabi Muhammad SAW telah mengingatkan kepada kita untuk saling menjaga hubungan silaturahmi, baik antar sesama muslim maupun dengan non muslim," katanya.

Bupati Nadalsyah juga menyampaikan ucapan selamat bertanding kepada seluruh kafilah dari sembilan kecamatan. Semoga keikutsertaan dalam STQ kali ini dapat membawa manfaat dan maslahat dalam upaya kita mengaktualisasikan ajaran Islam secara damai. Bagi yang akan keluar sebagai pemenang, siapkan diri untuk menghadapi STQ tingkat Provinsi Kalteng nantinya.

"Untuk panitia diminta memberikan pelayanan yang nyaman, prima dan keamanan bagi seluruh kafilah," ujar dia.

Pada Sabtu (25/3) pagi Bupati Barito Utara Nadalsyah secara resmi melepas pawai STQ di Bundaran Air Mancur Muara Teweh yang diikuti kafilah dari sembilan kecamatan dan para pelajar dari tingkat SD, MI, SLTP, MTsN, SLTA, MA, SMK, dinas di lingkungan pemkab setempat dengan dimeriahkan drum band para pelajar dalam kota Muara Teweh dan Kecamatan Lahei, serta pawai mobil hias.