Pusat Anggarkan Rp9,2 Miliar Untuk Pelabuhan Segintung

id seruyan, teluk segintung, pelabuhan segintung, ksop kuala pembuang, kalimantan tengah

Pusat Anggarkan Rp9,2 Miliar Untuk Pelabuhan Segintung

Pelabuhan Samudera Teluk Sigintung, Kabupaten Seruyan, Kalimantan Tengah dengan panjang trestle 1.400 meter siap dioperasionalkan untuk aktivitas bongkar muat kapal barang. (Foto Antara Kalteng/Fahrian A)

Kuala Pembuang (Antara Kalteng) - Pemerintah Pusat melalui Kementerian Perhubungan menganggarkan Rp9,2 miliar untuk pembangunan sisi darat Pelabuhan Samudera Teluk Segintung di Kabupaten Seruyan, Kalimantan Tengah.

"Anggaran itu untuk pembangunan terminal penumpang, akses jalan dalam pelabuhan, saluran air, pos, serta plang nama pelabuhan," kata Pelaksana Harian Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kuala Pembuang Abdullah di Kuala Pembuang, Senin.

Ia mengatakan, Pemerintah Pusat mengucurkan anggaran pembangunan sisi darat untuk mendorong percepatan operasional pelabuhan yang bakal menjadi pintu masuk Kalteng melalui jalur laut.

"Karena sesuai dengan target Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Pelabuhan Segintung harus sudah dapat dioperasionalkan pada 2018 mendatang," katanya.

Menurutnya, secara umum Pelabuhan Segintung yang telah menghabiskan anggaran pembangunan sekitar Rp420 miliar sebenarnya sudah bisa dioperasionalkan. Terutama untuk aktivitas bongkar muat barang.

Sejauh ini beberapa fasilitas di pelabuhan yang menghadap Laut Jawa itu sudah selesai dibangun, seperti trestle sepanjang 1.400 meter, dermaga bongkar muat, terminal peti kemas, serta kantor pelabuhan.

"Sebenarnya Pelabuhan Segintung sudah siap operasional dengan catatan akses jalan juga harus sudah siap," katanya.

Berdasarkan hasil peninjauan di lapangan, Pelabuhan Segintung yang berjarak 20 kilometer dari Kuala Pembuang sudah layak untuk dioperasionalkan, dan beberapa kali hasil uji coba Kapal Motor Bukit Patung bisa sandar di pelabuhan tanpa menemui kendala apa pun.

Kemudian, berbeda dengan di muara Sungai Seruyan, keadaan air di wilayah Pelabuhan Segintung yang lebih dalam, dengan rata-rata ke dalam 4,5 meter maka jalan kapal akan menjadi lancar.

Meski demikian, pada musim gelombang besar Pelabuhan Segintung hanya dapat disandari kapal dengan ukuran 500 gross tonnage (GT), sedangkan musim teduh dapat disandari kapal dengan ukuran di bawah 100 GT.

"Namun, beberapa kali kita coba kapal sandar, dan tidak ada masalah, artinya Pelabuhan Segintung siap operasional dengan catatan akses jalan sudah siap," katanya.