Teweh Baru Raih Juara Umum STQ Kabupaten Barito Utara

id barito utara, stq barut, bupati barut, kalimantan tengah

Teweh Baru Raih Juara Umum STQ Kabupaten Barito Utara

Bupati Barito Utara, Nadalsyah bersama dengan kafilah dari tiga kecamatan yang meraih juara umum pada STQ di Muara Teweh, Senin malam. (Foto Antara Kalteng/Kasriadi)

Muara Teweh (Antara Kalteng) - Kecamatan Teweh Baru meraih juara umum pada pelaksanaan Seleksi Tilawatil Quran ke-48 tingkat Kabupaten Barito Utara, Kalimantan Tengah, tahun 2017.

Kafilah Kecamatan Teweh Baru itu menerima piala juara umum dari Bupati Barito Utara Nadalsyah pada penutupan kegiatan di kawasan Water Front City di bantaran Sungai Barito, Muara Teweh, Senin malam.

Kecamatan Teweh Timur menduduki posisi kedua dan Kecamatan Teweh Tengah di posisi ketiga pada Seleksi Tilawatil Quran (STQ) yang digelar 24-27 Maret 2017 yang diikuti sembilan kecamatan itu.

"Setelah beberapa hari masing-masing peserta STQ berjuang dengan segala kemampuan yang ada untuk menjadi yeng terbaik, maka pada malam ini sudah kita ketahui bersama siapa yang benar-benar menjadi yang terbaik dari yang terbaik pada perlombaan STQ ke 48 tahun ini," kata Nadalsyah.

Menurut Nadalsyah kegiatan ini adalah sebagai wahana dan sebuah wadah untuk menumbuhkembangkan semangat membaca dan mempelajari Al Quran. Sehingga Al Quran benar-benar dijadikan pedoman hidup dalam menghadapi derasnya pengeruh globalisasi saat ini bagi numat Islam, terutama bagi generasi muda.

"Hal ini dikarenakan generasi muda merupakan generasi penerus perjuangan bangsa. Orang tua harus mampu memberikan pendidikan yang baik kepada anak-anak terutama penddikan budi pekerti dan akhlak serta pendidikan agama, sehingga mereka tumbuh dan teguh imannya," katanya.

Bupati Barito Utara itu mengharapkan, pada pelaksanaan STQ tingkat Provinsi Kalimantan Tengah di kota Puruk Cahu Kabupaten Murung Raya pada 11-18 Mei mendatang, kafilah Kabupaten Barito Utara bisa membawa harum nama Barito Utara pada event tersebut dan hingga STQ tingkat nasional di Tanjung Selor, Kalimantan Utara pada Juli 2017 nanti.

"Untuk itu marilah kita jadikan momentum STQ ke 48 ini menjadi era kebangkitan generasi Qurani di Bumi Iya Mulik Bengkang Turan Kabupaten Barito Utara," ujar Nadalsyah.

Para pemenang pada STQ ini nantinya akan mengikuti pemusatan latihan (TC) pada 1-3 April 2017 di Muara Teweh sebagai sarana untuk menghadapi STQ tingkat Kalteng di Puruk Cahu.