Toleransi Umat Beragama Harus Tetap Dijaga, Kata Ketua DPRD

id dprd palangka raya, palangka raya, toleransi umat beragama, sigit k yunianto, kalimantan Tengah

Toleransi Umat Beragama Harus Tetap Dijaga, Kata Ketua DPRD

Wakil Wali Kota Palangka Raya Mofit Saptono Subagio (tiga kanan) Ketua DPRD Kota, Sigit K Yunianto (tiga kiri) usai menghadiri Upacara Tawur Kesanga yang dilaksanakan di Bundaran Besar Palangka Raya, Senin (27/3/17) (Foto Antara Kalteng/Rendhik Andik

Palangka Raya (Antara Kalteng) - Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah, Sigit K Yunianto mengatakan semua pihak harus tetap menjaga serta mempertahankan toleransi antarumat beragama yang ada di daerah tersebut.

"Dalam perayaan Hari Raya Nyepi Tahun Baru Saka 1939 ini adalah momentum kita untuk merefleksikan diri, bahwa Indonesia mempunyai ciri khas budayanya masing-masing," kata Sigit di Palangka Raya, Selasa.

Ia mengatakan, dengan momentum Hari Raya Nyepi ini pihaknya mengajak kepada seluruh umat Indonesia, khususnya di ibu kota provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) ini untuk bersatu dan tidak mudah terprovokasi dengan berbagai isu intoleransi tanpa memandang suku, agama maupun ras.

Oleh sebab itulah, kata Sigit, perbedaan itu adalah anugerah yang patut disyukuri, karena keragaman bangsa Indonesia mampu menjadi negara yang kuat dalam membangun persatuan dan kesatuan Republik Indonesia.

Wakil Wali Kota Palangka Raya Mofit Saptono Subagio sebelumnya mengatakan Hari Raya Nyepi harus dijadikan sebagai momentum meningkatkan rasa toleransi dan kebersamaan antarumat beragama di daerah tersebut.

"Mari bersama-sama membangun Kota Palangka Raya dengan kebersamaan menuju keberkahan. Hari raya Nyepi juga harus menjadi momentum meningkatkan toleransi dan kebersamaan antar sesama," kata Mofit.

Pria nomor dua di "Kota Cantik" ini juga merasa kagum dengan rasa gotong-royong yang dilakukan umat Hindu yang terlihat terlihat dalam kehidupan sehari-hari seperti baik dalam kegiatan keagamaan maupun di luar keagamaan.

"Kita mengapresiasi kepada semua warga pemeluk agama Hindu, karena selama ini terus terlibat aktif dalam menjaga kerukunan antar umat beragama yang ada di Palangka Raya ini," katanya.