Legislator: Disdik dan Sekolah Harus Tingkatkan Pengawasan Cegah Penculikan

id dprd palangka raya, disdik palangka raya, mukarramah, isu penculikan anak, kalimantan tengah

Legislator: Disdik dan Sekolah Harus Tingkatkan Pengawasan Cegah Penculikan

Anggota DPRD Palangka Raya, Mukarramah (FOTO ANTARA Kalteng/Rendhik Andika)

Palangka Raya (Antara Kalteng) - Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Palangka Raya, Mukarramah meminta Dinas Pendidikan serta pihak sekolah meningkatkan pengawasan siswa guna mencegah terjadinya kasus penculikan terhadap peserta didik.

"Pemerintah melalui Dinas Pendidikan serta pihak sekolah untuk meningkatkan pengawasan terhadap anak dan mengimbau agar para guru meningkatkan disiplin. Selain itu juga jangan meninggalkan tugas kepada siswa tanpa alasan yang jelas," katanya di Palangka Raya, Selasa.

Menurut anggota Komisi C DPRD "Kota Cantik" ini, pemberian tugas kepada siswa dapat menyebabkan anak didik keluyuran di luar sekolah pada jam sekolah berlangsung.

"Pihak sekolah harus memperketat pengawasan terhadap keberadaan orang asing. Selain itu juga tidak membiarkan anak yang biasa dijemput orang tuanya dijemput orang asing. Apalagi dilakukan secara tiba-tiba tanpa adanya bukti atau keterangan jelas bahwa termasuk anggota keluarga siswa," katanya.

Yang tak kalah penting, lanjut dia, pihak orang tua jangan membiarkan anak sendirian saat di rumah serta memastikan tepat waktu saat menjemput anak di sekolah.

Orang tua serta pihak sekolah harus menjalin komunikasi yang baik dan intens sehingga segala bentuk ancaman terdadap siswa dapat dicegah bersama-sama.

"Orang tua dan pihak sekolah harus benar-benar memberikan pemahaman dan nasehat kepada anak agar tidak mudah percaya dengan orang yang tidak dikenal. Agar anak juga berani menolak jika dibujuk dan diiming-imingi sesuatu yang menyenangkan," katanya.

Mukarramah pun kembali mengajak seluruh pihak baik pemerintah, masyarakat meningkatkan kewaspadaan dan pengawasan terhadap anak.

"Kami juga meminta pihak kepolisian meningkatkan pengawasan terhadap lingkungan sekitar. Jika ada hal yang mencurigakan terlebib yang mengarah kepada penculikan maupun kekerasan anak agar segera ditindak lanjuti," katanya.