Pemko Palangka Raya Kunjungi Sejumlah Tokoh Agama Hindu

id Palangka Raya, hari raya nyepi, Tokoh Agama Hindu, Wakil Wali Kota, Mofit Saptono Subagio, kalimantan tengah, kalteng

Pemko Palangka Raya Kunjungi Sejumlah Tokoh Agama Hindu

Wakil Wali Kota, Mofit Saptono Subagio (kanan) saat silaturahmi ke Parisada Hindu Darma dan Majelis Hindu Kaharingan yang melaksanakan perayaan Nyepi (Foto Antara Kalteng/Rendhik Andika)

Palangka Raya (Antara Kalteng) - Pemerintah Kota Palangka Raya menggelar safari Nyepi ke sejumlah tokoh agama Hindu yang ada di kota setempat.

"Kita laksanakan kunjungan atau silaturahmi ke saudara-saudara kita dari Parisada Hindu Darma dan Majelis Hindu Kaharingan yang hari ini melaksanakan perayaan Nyepi," kata Wakil Wali Kota, Mofit Saptono Subagio di Palangka Raya, Rabu.

Pada rombongan tersebut Mofit turut didampingi Plt Sekda Palangka Raya, Kandarani, Wakil Ketua DPRD Kota, Chrismes D Djaga, Wakapolres, Dandim 1016 Plk serta sejumlah kepala SKPD di lingkungan pemerintah "Kota Cantik".

Kegiatan ini telah menjadi agenda rutin yang dilakukan pemerintah Ibukota Provinsi Kalimantan Tengah setiap perayaan hari besar keagamaan.

Pria nomor dua di Palangka Raya ini mengatakan, safari tersebut juga sebagai wujud kerukunan, keragaman serta toleransi dan mengharagai antar umat beragama di kota ini.

"Kota Palangka Raya sebagai ibu kota Provinsi berjuluk `Bumi Tambun Bungai` dan `Bumi Pancasila` ini harus bisa menjadi representasi julukan itu sendiri," katanya.

Pihaknya pun mengajak masyarakat semakin mempererat komunikasi dan koordinasi antar umat beragama sehingga seamanan dan ketertiban masyarakat terus terjaga.

Sementara itu, Ketua Umum Majelis Besar Agama Hindu Kaharingan, Palangka Raya, Walter S Penyang menyambut baik kedatangan rombongan pemerintah kota tersebut ke Balai Kaharingan Palangka Raya.

"Atas nama umat Hindu kami mengucapkan terima kasih atau kedatangan rombongan pemerintah kota. Terlebih `open house` ini secara kelembagaan agama baru dilaksanakan pertama kali di balai ini. Karena biasanya acara dilaksanakan di rumah masing-masing," katanya.

Melalui momentum perayaan serta safari Nyepi 2017, pihaknya berharap, seluruh pihak dapat meningkatkan hubungan baik dengan pemerintah ataupun antarumat beragama.