Keren! Gumas Tingkatkan Keahlian Pengrajin Rotan

id Gunung Mas, Kuala Kurun, pengrajin rotan, Gumas Tingkatkan Keahlian Pengrajin Rotan, Disperindag Gumas, Kepala Disperindag Gumas Yulianus Umar

Keren! Gumas Tingkatkan Keahlian Pengrajin Rotan

Para pengrajin rotan Kabupaten Gunung Mas, Kalteng (Istimewa)

Kuala Kurun (Antara Kalteng) - Pemerintah Kabupaten Gunung Mas melalui Dinas Prindustrian dan Perdagangan (Disperindag) menyatakan terus mengupayakan untuk meningkatkan keahlian para pengrajin rotan yang ada di daerah itu. Agar produk yang dihasilkannya dapat bersaing dengan daerah lain.

"Kerajinan dari rotan merupakan salah satu yang dapat menjadi produk unggulan, khususnya dalam memperkenalkan daerah serta Kalimantan Tengah. Apalagi kerajinan jenis ini banyak digemari oleh masyarakat dari tingkat nasional sampai internasional," kata Kepala Disperindag Gumas Yulianus Umar, di Kuala Kurun, beberapa waktu lalu.

Oleh sebab itu, pihaknya beberapa waktu lalu juga telah melaksanakan kegiatan magang produk unggulan berbahan anyaman rotan yang diikuti oleh tiga peserta dari kelompok Industri kecil dan Menengah (IKM).

Menurutnya, melalui kegiatan tersebut Disperindag berupaya meningkatkan dan mengembangkan kualitas hasil produksi IKM, khususnya yang menggunakan bahan baku rotan.

"Melalui kegiatan itu juga, para pengrajin dilatih membuat sebuah produk dengan bahan baku rotan, namun juga dikolaborasikan dengan bahan baku lainnya, salah satunya adalah kulit, kain, dan bahan-bahan kerajinan lainnya," ujar Yulianus.

Pihaknya juga mengharapkan, para peserta tadi nantinya dapat memberikan ilmu dari pelatihan atau hasil dari magangnya itu kepada pengrajin lainnya, sehingga ilmu tersebut dapat bermanfaat untuk orang lain.

Dikatakannya, selain memberikan ilmu, para peserta juga mendapatkan bantuan sarana produksi, yakni dua unit mesin jahit dan bantuan starter bahan baku.

"Kami berharap, kerajinan rotan Gumas dapat dikenal oleh masyarakat luas," demikian Yulianus.