Wow! Kunjungan Wisatawan ke Palangka Raya Alami Peningkatan Tiap Tahun

id Palangka Raya, wisatawan, Kunjungan Wisatawan Ke Palangka Raya Meningkat, Yustinus Gunihardi

Wow! Kunjungan Wisatawan ke Palangka Raya Alami Peningkatan Tiap Tahun

Bidang Pemasaran Disbudpar Palangka Raya, Yustinus Gunihardi (Foto Antara Kalteng/Rendhik Andika)

Palangka Raya (Antara Kalteng) - Jumlah wisatawan domestik dan mancanegara yang berkunjung ke Palangka Raya, Provinsi Kalimantan Tengah dalam beberapa bulan terakhir meningkat, kata seorang pejabat pada Dinas Kebudayaan dan Pariwisata daerah itu.

"Jumlah wisatawan yang berkunjung ke destinasi wisata kita bertambah setiap tahunnya. Itu menunjukkan semakin banyak orang yang tertarik berkunjung ke Palangka Raya," kata Kepala Bidang Pemasaran, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Yustinus Gunihardi di Palangka Raya, Rabu.

Pihaknya mencatat pada 2015 jumlah kunjungan wisatawan nusantara (wisnus) yang mengunjungi "Kota Cantik" ini 39.970 orang sementara untuk kategori wisatawan mancanegara (wisman) terdata 3.905 orang.

"Jumlah itu diperoleh dari enam pihak yakni Taman Nasional Sabangau, Rungan Sari Resort, BOSF Nyaru Menteng, Kalawa Waterpark, perhotelan serta dari Kantor Imigrasi," katanya.

Pada 2016, pihaknya mendasarkan pada tiga sumber data yakni wisatawan yang bertandang ke sejumlah kawasan wisata tercatat 83.933 wisnus dan 664 wisman.

pada data perhotelan tercatat 206 ribu lebih wisnus dan 5.306 wisatawan mancanegara dan data pada pelaksanaan kegiatan `event` tercatat 101 ribu lebih wisnus dan 1.1147 tercatat di Palangka Raya.

"Jadi Jumlah kunjungan wisatawan pada 2016 untuk wisnus tercatat 391 ribu lebih, sementara untuk kunjungan wisnus tterdata 7.117 orang," katanya.

Sementara periode Januari-Februari 2017, baru mencatat 6.039 wisatawan nusantara dan 444 wisatawan mancanegara. Mereka berasal dari berbagai daerah di Indonesia dan negara.

"Memang faktor yang menjadi daya tarik kunjungan wisatawan ke Palangka Raya sampai saat ini masih terfokus pada kegiatan-kegiatan budaya ataupun kegiatan tingkat nasional," katanya.

Untuk itu, pihaknya akan meningkatkan upaya mempromosikan sektor wisata yang ada baik melalui media sosial maupun media promosi lain seperti mengikuti acara ekspo di berbagai daerah.