Legislator Dorong Bank Kalteng Tingkatkan Pelayanan Hingga ke Masyarakat Pedesaan

id DPRD Seruyan, Seruyan, Muhtadin, Bank Kalteng, tingkatkan pelayanan

Legislator Dorong Bank Kalteng Tingkatkan Pelayanan Hingga ke Masyarakat Pedesaan

Foto Ilustrasi - Bank Pembangunan Kalteng (BPK). (Foto Antara Kalteng/Ronny NT)

Melihat potensi yang besar bank lain dari Kotawaringin Timur berani datang ke desa-desa untuk menawarkan pelayanan, kenapa hal ini juga tidak dilakukan oleh Bank Kalteng,"
Kuala Pembuang (Antara Kalteng) - Anggota DPRD Kabupaten Seruyan Muhtadin mendorong Bank Kalimantan Tengah untuk meningkatkan pelayanan hingga menyentuh kepada masyarakat di pedesaan.

"Kita ingin Bank Kalteng sebagai bank milik daerah dapat memberikan pelayanan ke pelosok-pelosok," katanya di Kuala Pembuang, Kamis.

Anggota Komisi I ini mengatakan, pelayanan Bank Kalteng di Seruyan masih terfokus di beberapa kecamatan, seperti di Pembuang Hulu Kecamatan Hanau dan Kuala Pembuang, padahal sebenarnya potensi ekonomi masyarakat di kecamatan lain juga sangat besar.

"Potensi besar ini yang harus digarap oleh Bank Kalteng," katanya.

Politisi Gerindra ini menjelaskan, transaksi perbankan masyarakat pelosok Seruyan cukup tinggi, namun transaksi itu banyak dilakukan melalui bank lain yang berada di Kabupaten Kotawaringin Timur.

"Sebagian besar mereka yang melakukan transaksi itu adalah karyawan di perkebunan kelapa sawit," katanya.

Ia menyarankan, kalau Bank Kalteng masih belum bisa membuka kantor cabang pembantu di seluruh kecamatan, maka Bank Kalteng dapat menurunkan petugas untuk jemput bola dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat.

"Melihat potensi yang besar bank lain dari Kotawaringin Timur berani datang ke desa-desa untuk menawarkan pelayanan, kenapa hal ini juga tidak dilakukan oleh Bank Kalteng," katanya.

Sementara, Pemimpin Bank Kalteng Cabang Kuala Pembuang Tajudinnor Asra mengakui, pihak masih terus berupaya untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat di "Bumi Gawi Hatantiring".

"Namun kita masih kekurangan personel, sementara sebagaimana diketahui wilayah Seruyan ini cukup luas dengan akses yang cukup sulit," katanya.

Selain personel, pendirian cabang pembantu masih belum bisa dilakukan di seluruh kecamatan karena terbatasnya infrastruktur jalan, dan belum memadainya akses jalan akan berpengaruh terhadap suplai uang.

"Tapi intinya kita terus berupaya untuk meningkatkan pelayanan seiring dengan peningkatan infrastruktur dan perekonomian daerah Seruyan," katanya.