Pembangunan Jaringan Listrik Jangkau Pelosok Terus Diupayakan, Kata Bupati Ini

id seruyan, bupati seruyan, sudarsono, pembangunan jaringan listrik, jaringan listrik jangkau pelosok, kalimantan tengah

Pembangunan Jaringan Listrik Jangkau Pelosok Terus Diupayakan, Kata Bupati Ini

Ilustrasi - Petugas PLN sedang memasang jaringan listrik yang menjangkau daerah pelosok yang belum teraliri listrik. (ANTARA FOTO/Joko Sulistyo)

Kuala Pembuang (Antara Kalteng) - Pemerintah Kabupaten Seruyan, Kalimantan Tengah terus mengupayakan pembangunan jaringan listrik hingga menjangkau ke daerah pelosok.

"Pembangunan jaringan listrik ini merupakan salah satu pembangunan yang terus kita genjot karena berkaitan dengan kebutuhan dasar masyarakat," kata Bupati Seruyan Sudarsono di Kuala Pembuang, Jumat.

Ia menjelaskan, pembangunan jaringan listrik hingga ke pelosok sudah dikomunikasikan dengan pihak PT PLN Wilayah Kalimantan Selatan dan Kalimantan Tengah (Kalselteng), khususnya untuk desa yang sudah mempunyai akses jalan.

"Sedangkan untuk desa yang belum memiliki akses jalan memadai baru disiasati dengan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS)," katanya.

Orang nomor satu di "Bumi Gawi Hatantiring" ini menyebutkan, pembangunan jaringan listrik PLN yang dilakukan sejak 2016 lalu telah berjalan dengan baik di sejumlah kecamatan, seperti di Kecamatan Seruyan Tengah hampir seluruh jaringan PLN terpasang 100 persen.

Pemasangan jaringan PLN ke wilayah Seruyan Tengah dilakukan melalui jaringan PLN Pangkalan Bun menuju Desa Amin Jaya Kotawaringin Barat hingga ke Seruyan Tengah.

Hingga saat ini, untuk wilayah Seruyan, hanya tinggal dua kecamatan dari total 10 kecamatan yang belum bisa dialiri interkoneksi dari PLN, yakni Kecamatan Seruyan Hulu dan Kecamatan Suling Tambun. Namun di Seruyan Hulu PLN tetap melayani listrik masyarakat dengan menggunakan mesin diesel.

Sedangkan untuk jumlah desa yang sudah terjangkau jaringan PLN dan PLTS sudah mencapai 97 persen.

"Sebenarnya capaian 100 persen namun ada tiga desa yang lebih dari setengah PLTS-nya mengalami kerusakan karena usianya dan ini akan kita upayakan untuk diperbaiki," katanya.