Wali Kota Inginkan Tenaga Kebersihan Prioritas Kesehatan

id palangka raya, riban satia, petuga kebersihan palangka raya, TPA palangka raya, kalimantan tengah

Wali Kota Inginkan Tenaga Kebersihan Prioritas Kesehatan

Riban Pantau TPA Wali Kota Palangka Raya, Dr HM Riban Satia bersama Wakil Wali Kota, Mofit Saptono Subagio beserta sejumlah jajarannya memantau pengelolaan TPA di Km 14 Jalan Tjilik Riwut, Palangka Raya Senin, (6/3/17). (Foto Antara Kalteng/Rendhik

Palangka Raya (Antara Kalteng) - Wali Kota Palangka Raya Dr Riban Satia menginginkan tenaga kebersihan mendapat layanan kesehatan secara khusus dari instansi tempat mereka bekerja.

"Tenaga kebersihan khususnya para pengangkut sampah, sangat dekat dan rentan dengan penularan penyakit. Untuk itu, saya ingin sebulan sekali mereka ada pengecekan kesehatan," kata Riban di Palangka Raya, Sabtu.

Wali Kota "Kota Cantik" Periode kedua ini menginstruksikan jajarannya yang terkait untuk segera merumuskan teknis pemeriksaan tersebut.

"Apakah nanti petugas yang datang ke TPA untuk melakukan pemeriksaan atau para petugas yang datang ke tempat pelayanan yang telah ditentukan. Ini yang akan kita siapkan prosedurnya," katanya.

Pria nomor satu di ibu kota Provinsi Kalimantan Tengah ini mengatakan, pemeriksaan tersebut bertujuan untuk memastikan kesehatan petugas kebersihan selalu terjaga serta sebagai upaya antisipasi penyebaran penyakit terutama di lingkungan keluarga.

"Saat ini para petugas kebersihan telah dilengkapi dengan BPJS Kesehatan dan Ketenagakerjaan. Meski demikian kita juga perlu lakukan antisipasi yakni dengan pemeriksaan kesehatan," katanya.

Riban mengajak masyarakat di kota setempat semakin peduli dengan lingkungan dengan menerapkan 3M. Selain itu juga memilah sampah organik dan anorganik sebelum membuang sampah agar volume yang dibuang di TPA berkurang.

"Masyarakat hendaknya juga mematuhi aturan terkait waktu atau jam buang sampah sehingga sampah-sampah itu tidak menumpuk di TPS," katanya.