Penerimaan Calon Anggota Polri Dijamin Transparan, Kata Wakapolres

id seruyan, wakapolres seruyan, polres seruyan, penerimaan calon anggota polri, kalimantan tengah

Penerimaan Calon Anggota Polri Dijamin Transparan, Kata Wakapolres

Ilustrasi - Anggota Kepolisian. (istimewa)

Kuala Pembuang (Antara Kalteng) - Kepolisian Resor Seruyan, Kalimantan Tengah menjamin penerimaan personel Polri untuk semua jenjang baik untuk calon Akademi Kepolisian, Bintara dan Tamtama berlangsung secara transparan.

"Selain transparan, penerimaan calon anggota Polri juga tidak dipungut biaya," kata Wakapolres Seruyan Kompol Mulkaifin di sela-sela sosialisasi penerimaan anggota Polri Tahun 2017 di Lapangan Gagah Lurus Kuala Pembuang.

Mantan Kabag Ops Polres Barito Utara menegaskan, lolos tidaknya seseorang untuk masuk kepolisian didasarkan pada proses seleksi kemampuan masing-masing peserta.

Kemudian untuk penerimaan Polri menggunakan sistem sekali daftar dan tidak ada sesi gelombang, artinya setiap peserta yang mendaftar tahun ini dan gugur di salah satu tes, maka peserta harus mengulangi tahun depan.

"Penerimaan Polri ini sudah kita sosialisasikan kepada masyarakat dan ke sekolah-sekolah, termasuk melalui brosur serta pemasangan spanduk di lokasi-lokasi strategis," katanya.

Ia menjelaskan, pendaftaran calon anggota Polri telah dibuka mulai 14 Maret hingga April 2017. Pendaftaran bisa dilakukan langsung melalui Polres atau Polsek setempat serta melalui laman www.penerimaan.polri.go.id.

"Jumlah pendaftar tidak dibatasi, kita menerima pendaftar sebanyak-banyaknya," katanya.

Ia berharap, dengan adanya penerimaan anggota Polri, maka ke depan jumlah personel kepolisian di "Bumi Gawi Hatantiring" dapat bertambah, karena saat ini jumlah personel Polres Seruyan masih belum memadai jika dibandingkan dengan jumlah serta wilayah hukum yang luasnya setara dengan setengah dari Provinsi Jawa Timur.

"Mudah-mudahan mereka yang mendaftar bisa lolos seleksi sehingga jumlah personel dapat bertambah dan pelayanan bagi masyarakat dapat lebih dimaksimalkan," katanya.