Kalteng Resmi Miliki 3 Rumah Pintar Pemilu

id Kalimantan Tengah, Kalteng, Kota Palangka Raya, KPU Kalteng, Kalteng Resmi Miliki 3 Rumah Pintar Pemilu, Rumah Pintar Pemilu, KPU RI, Juri Ardiantoro

Kalteng Resmi Miliki 3 Rumah Pintar Pemilu

Ketua KPU RI Juri Ardiantoro menandatangani sekaligus membuka secara resmi tiga Rumah Pintar Pemilu yang dilaksanakan di Kantor KPU Provinsi Kalimantan Tengah, Kamis (6/4/17). (Foto Antara Kalteng/Rendhik Andika)

Palangka Raya (Antara Kalteng) - Wilayah Provinsi Kalimantan Tengah kini resmi memiliki tiga Rumah Pintar Pemilu (RPP) yang dikelola oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Kalteng, KPU Kota Palangka Raya dan KPU Kabupaten Katingan.

"Secara umum RPP bertujuan menjadi tempat KPU memulai dan merancang pendidikan politik dan pemilu kepada masyarakat yang nantinya bermuara pada peningkatan partisipasi masyarakat dalam politik dan pemilihan umum," kata Ketua KPU RI, Juri Ardiantoro di Palangka Raya, Kamis.

Pendidikan politik tersebut juga harus mencakup berbagai pihak dan golongan baik masyarakat umum maupun masyarakat kelompok tertentu seperti pemilih pemula, kaum perempuan termasuk penyandang disabilitas.

Selain itu, Rumah Pintar Pemilu juga harus dijadikan tempat mendokumentasikan dan menyediakan data serta informasi bagi siapa saja yang memerlukan informasi tentang pemilu.

Pernyataan itu diungkapkan Juri usai membuka secara resmi RPP KPU yang dilaksanakan di Kantor KPU Provinsi Kalimantan Tengah.

Acara tersebut selain dihadiri Komisioner KPU di Kalteng juga turut dihadiri pemerintah provinsi serta sejumlah pihak seperti pelajar dan mahasiswa.

"Untuk unsur-unsur yang harus dipenuhi di RPP ini sudah cukup tapi secara bertahap harus ditingkatkan. Contohnya seperti keberadaan buku-buku," katanya.

Dia juga menyebut jika RPP telah terbentuk di separoh dari seluruh kabupaten/kota di Indonesia. Sementara untuk tingkat Provinsi RPP telah terbentuk sekira 90 persen di seluruh wilayah Indonesia.

Ketua KPU Provinsi berjuluk "Bumi Tambun Bungai" dan Bumi Pancasila", Achmad Syar`i mengatakan, penetapan wilayah yang menjadi pusat RPP dipilih oleh pusat.

"Rencananya di kabupaten lain di Kalteng, secara bertahap juga akan dibentuk Rumah Pintar Pemilu sehingga upaya pemahaman dan kesadaran politik semakin merata sehingga jumlah partisipasi masyarakat meningkat," katanya.