Pusat Diminta Dukung Pembangunan Wilayah Barat Kalteng

id kalimantan tengah, wilayah barat kalteng, gubernur kalteng, musrenbang kalteng, bappenas, sugianto sabran

Pusat Diminta Dukung Pembangunan Wilayah Barat Kalteng

Musrenbang tingkat Provinsi yang dipimpin Gubernur Sugianto Sabran dan turut dihadiri Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro dan Menteri Kesehatan Nila Djoewita F Moeloek, Palangka Raya, Kamis. (Foto Antara Kalteng/Jaya WM)

Palangka Raya (Antara Kalteng) - Gubernur Kalimantan Tengah Sugianto Sabran di hadapan Kepala Badan Perencanaan Nasional sekaligus Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional Bambang Brodjonegoro meminta dukungan dan bantuan Pemerintah Pusat mempercepat pembangunan di wilayah barat provinsi yang dipimpinnya.

Bandara Iskandar di Pangkalan Bun Kabupaten Barat perlu ditingkatkan dan maskapai Garuda dapat membuka serta melayani penerbangan dari dan menuju Jakarta, kata Sugianto saat musyawarah rencana pembangunan (musrenbang) tingkat provinsi Kalteng tahun 2017 di Palangka Raya, Kamis.

"Pemerintah Provinsi Kalteng juga merencanakan pengembangan pelabuhan di Taman Nasional Tanjung Puting. Langkah ini karena Taman Nasional Tanjung Puting telah ditetapkan sebagai kawasan strategis Pariwisata Nasional Kalteng," tambahnya.

Orang nomor satu di provinsi berjuluk "Bumi Tambun Bungai-Bumi Pancasila" ini menegaskan bahwa dirinya lima tahun ke depan akan fokus pada peningkatan sumber manusia yang lebih terampil dan siap bekerja.

Dia mengatakan, upaya mewujudkan itu, diprogramkan pembangunan ataupun pengembangan SMK unggulan, revitalisasi Balai Latihan Kerja (BLK), pengembangan pendidikan kepariwisataan, dan peningkatan pendidikan agar masuk TNI/Polri serta bidang khusus lainnya.

"Pembangunan bidang kesehatan di Kalteng juga akan terus ditingkatkan dengan memperhatikan ketersediaan tenaga kesehatan, fasilitas kesehatan, peralatan kesehatan, bahan penunjang dan obat-obatan," kata Sugianto.

Anggota DPRD Kalteng periode 2009-2014 ini menyebut dalam rangka meningkatkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat di Pulau Kalimantan, direncanakan pembangunan rumah sakit umum pusat (RSUP) yang berlokasi di Palangka Raya, Provinsi Kalteng.

Dia mengatakan, rencana tersebut telah dibahas dalam rapat terbatas Presiden dengan Gubernur Kalteng pada 14 Februari 2017, dan merupakan salah satu proyek strategis Nasional.

"Dalam rangka penanggulangan dan pemberantasan narkoba, direncanakan juga pembangunan rumah sakit rehabilitasi korban narkoba di Palangka Raya," kata Sugianto.

Musrenbang tingkat provinsi Kalteng tahun 2017 tidak hanya dihadiri Kepala Bappenas/Menteri PPN, namun juga Menteri Kesehatan Nila Djuwita F Moeloek, perwakilan sejumlah Kementerian di Kabinet Kerja, serta para Bupati/Wali Kota termasuk para tokoh adat dan tokoh masyarakat.