Mantap! Pemprov Kalteng Akomodir Pembangunan di Seruyan

id Seruyan Kota Kuala Pembuang, Wakil Bupati Seruyan, Yulhaidir, Pemprov Kalteng Akomodir Pembangunan di Seruyan, kalimantan tengah, kalteng

Mantap! Pemprov Kalteng Akomodir Pembangunan di Seruyan

Wakil Bupati Seruyan Yulhaidir secara simbolis menyerahkan SK Pengangkatan kepada perwakilan CPNS di Gedung Serba Guna Kuala Pembuang, Senin (15/6). (Foto Antara Kalteng/Fahrian A)

Kuala Pembuang (Antara Kalteng) - Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah akan mengakomodir sejumlah program pembangunan strategis di Kabupaten Seruyan untuk tahun anggaran 2018.

"Sejumlah program dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Seruyan masuk dalam Rencana Kegiatan Pembangunan Daerah Provinsi Kalteng 2018," kata Wakil Bupati Seruyan Yulhaidir di Kuala Pembuang, Sabtu.

Ia mengatakan, dalam forum Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) tingkat Provinsi Kalteng yang digelar di Palangka Raya beberapa hari lalu, sejumlah program pembangunan itu seperti pembangunan infrastruktur jalan penghubung dari Desa Bangkal Kecamatan Seruyan Raya menuju Desa Telaga Pulang Kecamatan Danau Sembuluh dengan anggaran sebesar Rp231 miliar.

Kemudian, bidang perekonomian bernilai Rp14,6 miliar, yang di dalamnya termasuk program penyediaan bibit ternak kambing dan sapi sebesar Rp1 miliar, bibit ternak babi Rp200 juta, bibit ternak bebek Rp175 juta.

Selain itu, ada juga bidang sosial budaya dan pemerintahan sebesar Rp8 miliar.

"Rencananya program kegiatan ini akan direalisasikan 2018 mendatang," katanya.

Menurutnya, Seruyan sebagai kabupaten hasil pemekaran Kotawaringin Timur harus mempercepat pembangunan di berbagai sektor untuk mengejar ketertinggalan dari kabupaten lain di Kalteng.

Selama beberapa tahu ke depan, Seruyan juga lebih memfokuskan pembangunan infrastruktur desa yang berkategori tertinggal agar dapat dari lepas dari status kabupaten tertinggal satu-satunya di Kalteng.

Sebagaimana visi misi Seruyan, yakni menembus keterisolasian daerah dari arus barang dan jasa serta arus informasi, maka yang paling utama harus dibenahi adalah pembangunan infrastruktur jalan serta jembatan.

Untuk menuntaskan pembangunan infrastruktur di kabupaten berjuluk "Bumi Gawi Hatantiring" diperlukan sumber anggaran bukan hanya dari APBD Seruyan, tapi juga perlu bantuan dari APBD Provinsi Kalteng bahkan APBN.

"Karena itu, kita sangat berterima kasih kepada Pemprov, khususnya Gubernur Kalteng Sugianto Sabran yang telah memberikan dukungan untuk pembangunan di Seruyan," katanya.