Legislator Ini Dorong Bank Kalteng Tambah Capem di Kecamatan

id seruyan, kuala pembuang, dprd seruyan, Muhtadin, bank Kalteng, Dorong Bank Kalteng Tambah Capem Baru di Kecamatan, kalimantan tengah, kalteng

Legislator Ini Dorong Bank Kalteng Tambah Capem di Kecamatan

Logo DPRD (Istimewa)

Kuala Pembuang (Antara Kalteng) - Ketua Komisi III DPRD Kabupaten Seruyan Muhtadin mendorong Bank Kalimantan Tengah menambah jumlah cabang pembantu untuk mendekatkan pelayanan terhadap masyarakat di kabupaten tersebut.

"Kalau bisa cabang pembantu (capem) ada di setiap kecamatan sehingga pelayanan bisa lebih mudah diakses oleh masyarakat," kata Muhtadin di Kuala Pembuang, Selasa.

Politisi Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) mengatakan, saat ini Bank Kalteng di Seruyan hanya mempunyai dua capem, yakni di Pembuang Hulu Kecamatan Hanau dan Rantau Pulut Kecamatan Seruyan Tengah, dan terbatasnya jumlah capem ini membuat pelayanan terhadap masyarakat menjadi kurang maksimal.

Padahal transaksi perbankan masyarakat di banyak kecamatan lain cukup tinggi, namun transaksi itu banyak dilakukan melalui bank lain yang berada di Kabupaten Kotawaringin Timur.

"Sebagian besar mereka yang melakukan transaksi itu adalah karyawan di perkebunan kelapa sawit," katanya.

Ia mencontohkan, salah satu kecamatan yang memiliki potensi ekonomi yang cukup bagus adalah Kecamatan Danau Sembuluh. Bahkan, sejumlah bank lain yang berada di Kotawaringin Timur berani datang ke desa-desa di Kecamatan Danau Sembuluh untuk memberikan atau menawarkan pelayanan.

"Kalau Bank Kalteng masih belum bisa membuka kantor cabang pembantu di seluruh kecamatan, maka Bank Kalteng dapat menurunkan petugas untuk jemput bola dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat seperti yang dilakukan bank lain," katanya.

Sementara Pemimpin Bank Kalteng Cabang Kuala Pembuang Tajudinnor mengatakan, sebagai bank daerah, pihaknya akan terus berupaya memberikan pelayanan maksimal dengan mendirikan capem di kecamatan secara bertahap.

""Kami sudah survey potensi pendirian capem baru di Seruyan, seperti di Kecamatan Danau Sembuluh, Telaga Pulang dan Simpang Bangkal Kecamatan Seruyan Raya," katanya.

Ia menambahkan, pendirian capem masih belum bisa dilakukan di seluruh kecamatan karena terbatasnya infrastruktur jalan, dan belum memadainya akses jalan akan berpengaruh terhadap suplai uang dan logistik perbankan.

"Tapi intinya kita terus berupaya untuk meningkatkan pelayanan seiring dengan peningkatan infrastruktur dan perekonomian daerah Seruyan," katanya.