Siap-siap! Awal Mei UN SMP Palangka Raya Diikuti 4.400 Siswa

id palangka raya, disdik palangka raya, sahdin hasan, UN SMP palangka raya, wakil wali kota palangka raya, kalimantan tengah

Siap-siap! Awal Mei UN SMP Palangka Raya Diikuti 4.400 Siswa

Wakil Wali Kota Palangka Raya, Mofit Saptono Subagio saat berbincang dengan sejumlah siswa disela kunjungan pelaksanaan ujian sekolah tingkat SMP di Palangka Raya, Rabu (12/4). (Foto Antara Kalteng/Rendhik Andika)

Palangka Raya (Antara  Kalteng) - Kepala Dinas Pendidikan Kota Palangka Raya, Sahdin Hasan mengatakan ujian nasional tingkat Sekolah Menengah Pertama sederajat di Ibu Kota Provinsi Kalimantan Tengah ini diikuti 4.400 siswa.

"Jumlah siswa yang terdaftar mengikuti ujian nasional tingkat SLTP sederajat baik negeri ataupun swasta awal Mei ini berjumlah 4.400 siswa," katanya di Palangka Raya, Rabu.

Dia mengatakan siswa tersebut berasal dari 65 sekolah negeri dan swasta yang ada di wilayah "Kota Cantik" ini.

Guna memaksimalkan persiapan, dia mengatakan, pihaknya juga terus menjalin komunikasi dengan kepala sekolah untuk memastikan kesiapan sekolah dalam pelaksanaan ujian.

"Pihak sekolah juga telah melaksanakan `try out` yang hasilnya menjadi bahan evaluasi guru menentukan skema penambahan pembekalan pengetahuan kepada para siswa," katanya.

Sahdin mengatakan pelaksanaan ujian di seluruh sekolah di wilayah Palangka Raya tingkat SMP/MTS tersebut belum ada yang melaksanakan ujian nasional berbasis komputer (UNBK). Keadaan ini karena belum sesuainya jumlah perangkat komputer dengan jumlah siswa yang ada.

Pada 2015 pelaksanaan ujian akhir nasional tingkat SMP sederajat di Ibu Kota Provinsi berjuluk "Bumi Tambun Bungai" ini diikuti oleh 4.370 siswa dan pada 2016 diikuti 4.419 siswa.

Para siswa yang akan segera mengikuti ujian nasional agar mempersiapkan dan menjaga diri baik fisik maupun mental. Selain itu juga agar semakin fokus pada persiapan ujian dan mengurangi kegiatan yang tak berkaitan dengan UN.

Orang tua juga harus memberi arahan dan pendampingan kepada putra-putrinya agar tak kesulitan mengerjakan soal ujian.

Pernyataan itu diungkapkan dia usai memantau pelaksanaan ujian sekolah di SMPN 9 Palangka Raya bersama Wakil Wali Kota Palangka Raya, Mofit Saptono Subagio.

"Pihak sekolah dan anak-anak juga harus mempersiapkan diri dalam pelaksanaan ujian nasional sehingga nantinya siswa mampu mengerjakan soal dengan baik," kata Mofit.