Bupati Ini Minta KPU Bekerja Profesional dan Transparan

id seruyan, kuala pembuang, KPU, Bupati Seruyan, Sudarsono, Bupati Ini Minta KPU Bekerja Profesional dan Transparan, kalimantan tengah, kalteng

Bupati Ini Minta KPU Bekerja Profesional dan Transparan

Bupati Seruyan, Kalimantan Tengah, Sudarsono (Foto Antara Kalteng/Rendhik Andika )

Kuala Pembuang (Antara Kalteng) - Bupati Seruyan, Kalimantan Tengah, Sudarsono meminta Komisi Pemilihan Umum (KPU) setempat bekerja secara profesional dan transparan dalam seluruh proses pemilihan kepala daerah di kabupaten tersebut.

"Sebagai pemerintah daerah, saya berpesan kepada KPU agar bertindak secara professional sesuai dengan fungsinya, dan memastikan seluruh tahapan-tahapan berjalan dengan baik," katanya di Kuala Pembuang, Rabu.

Ia mengatakan, KPU sebagai penyelenggara pemilihan harus bekerja sungguh-sungguh dan optimal dalam seluruh proses pemilihan kepala daerah sesuai dengan peraturan yang berlaku.

"Selain itu, KPU juga harus bersikap independen dan menjamin seluruh proses dapat berjalan aman dan sukses tanpa mendapat tekanan dari pihak mana pun," katanya.

Sebagai kepala daerah dirinya juga tidak akan mengintervensi kewenangan KPU dalam menjalankan setiap proses dan tahapan dalam Pilkada Seruyan.

Ia berharap, pada pelaksanaan Pilkada Seruyan 2018 mendatang dapat diikuti oleh banyak calon sehingga masyarakat di "Bumi Gawi Htantiring" punya banyak pilihan dan demokrasi di Seruyan dapat berkembang dengan baik.

"Siapapun dan dari mana pun bisa mencalonkan diri untuk ikut dalam Pilkada selama memenuhi persyaratan yang telah ditetapkan, dan kita dari pemerintah tidak akan mengintervensi setiap tahapan yang dijalankan KPU," katanya.

Sementara, Ketua KPU Seruyan Agus Sukron Ma`mun mengatakan, belum lama ini KPU telah menandatangani fakta integritas dengan Pemkab Seruyan terkait pelaksanaan Pilkada.

"Dan itu merupakan bentuk komitmen agar penyelenggaraan Pilkada berjalan sesuai harapan," katanya.

Ia menambahkan, tahapan Pilkada Seruyan 2018 sudah dimulai pertengahan 2017. Adapun proses pemungutan dan penghitungan suara, dijadwalkan berlangsung Juni 2018.

Meski demikian, saat ini pihaknya masih belum bisa terlalu banyak membicarakan masalah teknis tahapan Pilkada, karena masih harus menunggu petunjuk dari KPU pusat.

"Adapun tahapan yang kini dilaksanakan KPU Seruyan yaitu penganggaran dan rencananya akan melakukan studi banding. Setelah itu kita akan menunggu tahapan dari KPU pusat terkait pelaksanaan Pilkada Seruyan 2018," katanya.