Kunjungan di Pulpis, Kapolda Kalteng Tekankan Antisipasi Karhutla dan Pilkada 2018

id pulang pisau, polda kalteng, kapolda kalteng, kalimantan tengah, karhutla, pilkada 2018, anang revandoko

Kunjungan di Pulpis, Kapolda Kalteng Tekankan Antisipasi Karhutla dan Pilkada 2018

Bupati Pulang Pisau, H Edy Pratowo didampingi Wakil Bupati Pudjirustaty Narang menyerahkan cendera mata kepada Kapolda Kalimantan Tengah, Brigjen Pol Anang Revandoko dalam kunjungan pertama kali di Kabupaten Pulang Pisau. (Foto Antara Kalteng/Adi Was

Pulang Pisau (Antara Kalteng) - Kapolda Kalimantan Tengah, Brigjen Pol Anang Revandoko dalam kunjungan pertama kali di Kabupaten Pulang Pisau menyampaikan dua hal penting, yakni masalah kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) dan keamanan menjelang pesta demokrasi Pilkada serentak tahun 2018.

"Khusus masalah Karhutla, Kapolres dan Bupati, bersama pihak lainnya agar bisa sinergi melakukan antisipasi dan pencegahan dini," kata Anang Revandoko di Polres Pulang Pisau, Rabu (12/4).

Upaya-upaya pencegahan bukan hanya dilakukan Polres Pulang Pisau, namun setiap Polres di Kalimantan Tengah diminta untuk antisipasi Karhutla. Pencegahan dini, kata dia, lebih baik daripada harus menangani setelah terjadinya Karhutla.

Kebersamaan dengan berbagai pihak, kata Anang Revandoko, adalah modal untuk membangun daerah. Upaya pencegahan Karhutla tidak terlepas juga dari keterlibatan perangkat di desa, sehingga diperlukan kerjasama dengan berbagai elemen dalam mengantisipasi Karhutla tersebut. 

Dalam kunjungan di kabupaten berjuluk Bumi Handep Hapakat ini, Anang Revandoko menyampaikan juga pentingnya menjaga keamanan menjelang Pilkada serentak yang dilaksanakan 10 daerah di Kalimantan Tengah. Arti pesta, bukan untuk bersenang-senang, melainkan bisa menciptakan suasana aman dan kondusif.

Sebanyak 10 daerah yang melaksanakan Pilkada serentak ini, ungkap Anang Revandoko, semuanya dapat dikatakan rawan. Semua pihak harus mengawal semua tahapan dan menciptakan suasana kondusif agar pesta demokrasi itu berjalan dengan baik. Apabila keamanan tidak berjalan berjalan dengan baik, akibatnya masyarakat juga yang akan susah.

Dikatakan Anang Revandoko, keamanan Kabupaten Pulang Pisau adalah bagian dari Kalimantan Tengah dan keamanan Kalimantan Tengah adalah bagian dari Negara Indonesia.

Kedatangan Kapolda Kalteng, Anang Revandoko berserta rombongan disambut Kapolres Pulang Pisau, AKBP Dedy Sumarsono SIK MH bersama Bupati H Edy Pratowo, Wakil Bupati Pudjirustaty Narang, Ketua DPRD H Maruadi dan FKPD setempat.

Bupati H Edy Pratowo berharap hubungan antara pemerintah setempat dan pihak kepolisian bisa berjalan dengan baik. Kedatangan Kapolda Kalteng diharapkan bisa memberikan inspirasi dan penyemangat untuk bisa bersama berkarya membangun Kabupaten Pulang Pisau.

Edy Pratowo dalam kesempatan tersebut juga menyerahkan cendera mata kepada Kapolda Kalteng, Anang Revandoko setelah sebelumnya disambut dengan upacara adat potong pantan sebelum memasuki halaman Polres Pulang Pisau.