Bupati Seruyan Buka MTQ Tingkat Kabupaten

id seruyan, MTQ seruyan, Bupati seruyan, MTQ XIII tingkat Kabupaten Seruyan, kuala pembuang, kalimantan tengah

Bupati Seruyan Buka MTQ Tingkat Kabupaten

Defile kafilah MTQ XIII tingkat Kabupaten Seruyan, Kalimantan Tengah di Pembuang Hulu Kecamatan Hanau yang diikuti oleh perwakilan 10 kecamatan. (Foto Antara Kalteng/Fahrian A.)

Kuala Pembuang (Antara Kalteng) - Bupati Seruyan, Kalimantan Tengah Sudarsono membuka Musabaqah Tilawatil Quran XIII tingkat Kabupaten Seruyan di Pembuang Hulu, Kecamatan Hanau yang diikuti peserta dari semua kecamatan yang ada di kabupaten tersebut.

"Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) yang digelar setiap tahun hendaknya dapat menumbuhkan kecintaan terhadap Al Quran, ketakwaan serta keimanan," kata Bupati Sudarsono saat membuka MTQ XIII tingkat Kabupaten Seruyan di Pembuang Hulu, Sabtu.

Ia mengatakan, MTQ hendaknya dapat menjadi ajang silaturrahmi sesama warga di "Bumi Gawi Hatantiring" baik muslim maupun non muslim.

"Islam mengajarkan manusia untuk menjaga silaturrahmi sesama muslim dan umat beragama lainnya, sehingga kita tidak mudah dipecah belah," katanya.

Bupati yang terpilih lewat jalur independen itu mengharapkan, MTQ yang digelar dapat melahirkan juara terbaik yang akan mewakili Seruyan pada even even yang lebih tinggi, baik di tingkat provinsi maupun nasional.

"Karena itu saya berharap peserta dapat menunjukkan kemampuan terbaik, dan dewan juri hendaknya juga selektif dalam memilih juara," katanya.

Sementara, Ketua Panitia MTQ XIII Kabupaten Seruyan Syahrian menyebutkan kegiatan yang berlangsung selama enam hari mulai 15-21 April 2017 diikuti 774 peserta yang berasal dari perwakilan 10 kecamatan yang ada di Seruyan.

Selain untuk syiar Islam dan ajang silaturrahmi, MTQ juga digelar untuk menyeleksi peserta terbaik yang akan mewakili Seruyan pada MTQ tingkat Provinsi Kalteng di Puruk Cahu, Kabupaten Murung Raya pada Mei mendatang.

"Adapun cabang yang diperlombakan adalah tartil, hifzhil, tilawah, syarhil, khathil, fahmil, rebana, qasidah, bintang vokalis, serta musabaqah makalah Quran," katanya.

Pada pembukaan MTQ yang berlangsung di Lapangan Sepak Bola Pembuang Hulu juga diisi dengan defile kafilah MTQ dari masing-masing kecamatan, serta lantunan syair-syair Islam yang dibawakan oleh Group Medina.