Bupati Edy Apresiasi Perlombaan Burung Berkicau

id Pulang Pisau, Pulpis, Bupati Pulpis, Edy Pratowo, lomba burung berkicau, burung kecer, kalimantan tengah, kalteng, Bupati Edy Apresiasi Perlombaan Bur

Bupati Edy Apresiasi Perlombaan Burung Berkicau

Bupati Pulang Pisau H Edy Pratowo (tengah) menerima burung dari panitia untuk diperlombakan dalam One Day With Kajari di Halaman GPU Handep Hapakat (Foto Antara Kalteng/Adi Waskito)

Dari lomba ini, kita berencana akan lanjutkan kembali pada even yang lebih besar dalam even hari Jadi Kabupaten Pulang Pisau nantinya,"
Pulang Pisau (Antara Kalteng) - Burung berkicau peliharaan Bupati Pulang Pisau, H Edy Pratowo masuk dalam Kacer Kelas Exekutif dalam lomba dan pameran burung berkicau yang dikemas dalam One Day With Kajari di Halaman GPU Handep Hapakat, Minggu. 

Bupati Pulang Pisau, H Edy Pratowo mengatakan dirinya memberikan apresiasi dilaksanakannya lomba dan pameran burung berkicau ini.  Selain memberikan ruang kepada para pecinta burung di daerah setempat, juga menjadi ajang untuk mempererat tali siraturahmi dan menjadi simbol persatuan.

"Dari lomba ini, kita berencana akan lanjutkan kembali pada even yang lebih besar dalam even hari Jadi Kabupaten Pulang Pisau nantinya," kata Edy Pratowo.

Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Kabupaten Pulang Pisau, Maryadi Idham Khalid mengatakan lomba dan pameran burung berkicau yang dikemas dalam One Day With Kajari, bukan hanya sekedar menampilkan kemerduan kicauan dan keindahan dari burung yang dilombakan, tetapi lebih menekankan kepada filosopi dari burung yang diperlombakan.

"Burung dapat disimbolkan kebaikan, kebijaksanaan dan persatuan," kata Maryadi.

Dia mengatakan, bahwa binatang burung memiliki filosofi dan arti yang mendalam. Beberapa diantaranya juga menjadi lambang dan simbol dalam keagamaan. Termasuk sebagai lambang Negara Indonesia. 

Hal ini yang mendorong para pencinta burung untuk menggelar lomba dan diikuti para peserta dari berbagai daerah diantaranya Banjarmasin, Palangka Raya, Kapuas, dan Pulang Pisau.

Selain itu, terang Maryadi, kegiatan yang berawal dari berbincang dari sesama pecinta burung berkicau ini, untuk memperkenalkan Kabupaten Pulang Pisau ke daerah luar. 

Motto "Handep Hapakat" menjadi awal terlaksananya kegiatan lomba dan pameran burung berkicau yang diikuti para pecinta burung berkicau tanpa memandang beragam profesi yang dilakoni sehari-hari.