Tak Mampu Hasilkan PAD, Jajaran Direksi PDIM Diminta Mundur

id DPRD Palangka Raya, Kota Palangka Raya, Sigit K Yunianto, Perusda, perusahaan daerah, kalimantan tengah, kalteng, PAD, Tak Mampu Hasilkan PAD, Jajaran

Tak Mampu Hasilkan PAD, Jajaran Direksi PDIM Diminta Mundur

Ilustrasi (Istimewa)

...Jika dalam jangka itu tak berhasil maka Direksi harus bertanggung jawab atau siap mengundurkan diri,"
Palangka Raya (Antara Kalteng) - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kota Palangka Raya meminta jaminan agar perusahaan daerah terutama keberadaan Perusahaan Daerah Isen Mulang akan berdampak signifikan pada peningkatan penerimaan pendapatan asli daerah di ibu kota Provinsi Kalimantan Tengah ini.

"Jajaran Direksi PDIM harus membuat fakta integritas yang menyatakan dalam jangka waktu tertentu, setahun misalkan, perusahaan harus menghasilkan pemasukan bagi PAD kota. Jika dalam jangka itu tak berhasil maka Direksi harus bertanggung jawab atau siap mengundurkan diri," kata Ketua DPRD Kota Sigit K Yunianto di Palangka Raya, Senin.

Pernyataan itu diungkapkan politisi DPI Perjuangan ini saat dikonfirmasi terkait keberadaan DPIM yang dalam permodalannya mendapat suntikan dana dari pemerintah kota namun tidak bisa berdampak pada peningkatan PAD pemerintah kota secara signifikan.

"PDIM harus mampu melihat peluang dan kebutuhan pasar. Selain itu juga harus mampu memiliki usaha unggulan," kata Sigit.

Dia mengatakan, beberapa waktu lalu jajaran direksi PDIM menghadap kepadanya dengan maksud meminta dukungan tambahan suntikan modal.

"Memang kemarin minta penambahan, cuma saya minta dulu jenis proposal untuk usaha yang didalamnya menerangkan profit, keuntungan dan progres usaha secara rinci. Jika memang kita lihat itu berdampak pada peningkatan PAD maka tidak masalah. Tapi jika ternyata sebaliknya maka kita tidak akan kabulkan," katanya.

Dia berharap empat direksi PDIM yang sebagian pernah menjabat di perusahaan tersebut benar-benar bekerja keras melihat dan memanfaatkan pasar sehingga keberadaan PDIM ini berdampak pada peningkatan PAD sesuai harapan awal didirikannya perusda ini.

Sebelumnya, Wali kota Riban Satia mengatakan, PDIM belum mampu memberikan manfaat untuk pemerintah dan masyarakat mendapat perhatian khusus dari BPK RI perwakilan Kalteng. PDIM belum mampu memaksimalkan peluang daerah.

Perusda yang pembentukannya cukup lama ini dinilai kalah produktif dengan perusda dari Kabupaten Sukamara, Kalteng yang notanene baru didirikan pemerintah kabupaten setempat.

Riban juga menyebut, selama delapan tahun menjabat sebagai wali kota, belum sekalipun diundang jajaran PDIM untuk membahas upaya memajukan perusahaan daerah.