Permudah Izin Galian C, Ini Harapan Masyarakat Pulpis Saat Dikunjungi DPRD Kalteng

id dprd kalteng, izin galian C, penambangan galian C, pulang pisau, jabiren, kahayan hilir, kalimantan tengah

Permudah Izin Galian C, Ini Harapan  Masyarakat Pulpis Saat Dikunjungi DPRD Kalteng

Tim Reses DPRD Kalteng Dapil V melakukan pertemuan dengan para tokoh masyarakat serta aparatur pemerintah yang ada di Kecamatan Kahayan Hilir, Kabupaten Pulang Pisau, Selasa. (Istimewa)

Palangka Raya (Antara Kalteng) - Kalangan Anggota DPRD Kalimantan Tengah dari daerah pemilihan V meliputi Kabupaten Kapuas dan Pulang Pisau melakukan reses untuk menyerap aspirasi sekaligus melihat langsung kondisi pembangunan di Kecamatan Jabiren dan Kahayan Hilir.

Dari pertemuan yang dilakukan di dua kecamatan tersebut mayoritas masyarakat mengharapkan adanya kemudahan mengurus serta mendapatkan izin tambang galian C, kata perwakilan Tim Reses Dapil V DPRD Kalteng Punding LH Bangkan di kantor kecamatan Kahayan Hilir Kabupaten Pulang Pisau, Selasa.

"Aspirasi masyarakat itu nantinya akan disampaikan kepada Pemerintah Provinsi Kalteng agar segera ditindaklanjuti secara serius. Apalagi produksi tambang galian C ini kan dibutuhkan Pemerintah untuk mempercepat pembangunan," tambahnya.

Sekretaris Komisi B DPRD Kalteng ini menyebut masyarakat di kecamatan Jabiren maupun Kahayan Hilir mengharapkan perhatian serta bantuan dari Pemprov agar produksi pertanian dan perkebunan meningkat karena sampai sekarang ini masih menjadi andalan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat.

Dia mengatakan, sejumlah jalan trans Kalimantan dari Kecamatan Jabiren Kabupaten Pulang Pisau hingga Kabupaten Kapuas sekarang ini kondisinya sangat rusak, sehingga perlu segera diperbaiki agar tidak menimbulkan kecelakaan serta memudahkan aktivitas masyarakat.

"Kita melihat aspirasi masyarakat di dua kecamatan itu sangat penting dan benar-benar menjadi kebutuhan yang perlu segera disikapi Pemprov termasuk Pemerintah Pusat. Kita dari tim reses dapil V DPRD Kalteng sudah mencatat agar disampaikan kepada Pemprov," kata Punding.

Tim Reses Dapil V DPRD Kalteng yang berkunjung ke kecamatan Jabiren maupun Kahayan Hilir diantaranya, Lodewick C Iban, Punding LH Bangkan Ade Supriyadi, dan Elisae Lambung. Wakil Rakyat ini melakukan pertemuan dengan sejumlah tokoh masyarakat, Camat, Lurah serta Kepala Desa di dua kecamatan tersebut.

Punding mengatakan reses yang mulai dilaksanakan, Selasa (18/4), menjadi salah satu program dalam pelaksanaan tiga fungsi DPRD, dimana kali ini pihaknya mengunjungi dua kecamatan yaitu kecamatan Jabiren dan kecamatan Kahayan Hilir

"Sekembalinya dari kunjungan ini, akan segera kita sampaikan kepada pihak terkait dan sudah semestinya, hal ini menjadi perhatian Pemprov dan Pemerintah Kabupaten/Kota," demikian wakil rakyat yang maju dari Partai Demokrat ini.