Gunung Timang Jadi Sentra Jagung di Barito Utara

id barito utara, gunung timang, sentara jagung di barito utara, jagung, bupati barut, kalimantan tengah

Gunung Timang Jadi Sentra Jagung di Barito Utara

Bupati Barito Utara Nadalsyah bersama Danrem 102/Pjg, Kalonol M Maudi Murdika, Wakil Bupati Ompie Herby, Ketua DPRD Set Enus Y Mebas dan Sekda Jainal Abidin serta pejabat lainnya melakukan tanam jagung bersama di Desa Tapen Raya Kecamatan Gunung Ti

Muara Teweh (Antara Kalteng) - Kawasan pertanian di Kecamatan Gunung Timang dijadikan salah satu wilayah untuk pengembangan sentra tanaman jagung di Kabupaten Barito Utara, Kalimantan Tengah.

"Wilayah Kecamatan Gunung Timang dipilih menjadi salah satu lokasi pengembangan sektor pertanian diantaranya sentra tanaman jagung untuk memenuhi target Kabupaten Barito Utara sebagai lumbung jagung di Kalteng opada tahun 2020 nanti," kata Bupati Barito Utara (Barut), Nadalsyah saat melakukan dialog dengan masyarakat di Desa Kandui Kecamatan Gunug Timang, Rabu.

Menurut Nadalsyah, program perluasan lahan pertanian ini yang ditetapkan Gubernur Kalteng Sugianto Sabran melalui pemanfaatan lahan satu juta hektare termasuk di wilayah Barito Utara seluar 52.480 hektare.

Untuk mendukung perluasan itu, kata dia, pemerintah Kabupaten Barito Utara mengembangkan lahan pertanian potensial termasuk tanaman jagung di sejumlah wilayah kecamatan.

"Komiditi jagung saat ini punya prosfek pasar yang baik guna meningkatkan perekonomian masyarakat di daerah ini," katanya.

Bupati Nadalsyah juga berharap agar warga masyarakat Kecamatan Gunung Timang dapat memanfaatkan program ini dengan baik, terlebih lagi dalam pelaksanaan kegiatan ini, pemerintah Kabupaten Barito Utara mengandeng pihak Perusahaan Daerah "Batara Membangun".

BUMD milik pemerintah Kabupaten Barito Utara bersama-sama masyarakat mengolah dan memanfaatkan lahan pertanian yang potensial untuk dikembangkan sebagai lahan pertanian.

"Kerjasama Perusda dengan masyarakat ini saling menguntungkan dan kesepakatan yang kedua pihak," kata dia.

Dalam kunjungan itu Bupati Barito Utara didampingi Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang, Fery Kusmiadi, Kepala Dinas Pertanian Setia Budi, Plt Kepala Dinas Komunikasi, Informatika dan Persandian M Iman Topik dan Camat Gunung Timang Syahmiludin.

Camat Gunung Timang Syahmiludin atas nama seluruh warga masyarakat dalam pertemuan tersebut mengucapkan terimakasih atas terlaksananya program-program pembangunan baik infra struktur maupun sektor-sektor pembangunan lainnya yang sangat dibutuhkan oleh seluruh masyarakat Kecamatan Gunung Timang.

"Kita harapkan melalui program pemerintah ini dapat meningkatkan ekonomi masyarakat," ujarnya.