Selasa, 25 April 2017

Pemkab Kotim Diminta Jamin Ketersedian Tenaga Kesehatan Hingga ke Plosok

id Kotawaringin timur, kotim, sampit, DPRD Kotim, Hero Harapano Manddauw, tenaga kerja, Legislator Minta Pemkab Jamin Ketersedian Tenaga Kesehatan, kalim
Pemkab Kotim Diminta Jamin Ketersedian Tenaga Kesehatan Hingga ke Plosok
Sekretris Komisi III DPRD Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah Hero Harapano Manddauw (Foto Facebook Hero Harapano Manddauw)
Sampit (Antara Kalteng) - Sekretris Komisi III DPRD Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah Hero Harapano Manddauw meminta pemerintah kabupaten itu untuk menjamin ketersediaan tenaga kesehatan dari kota hingga daerah pelosok.

"Ketersediaan tenaga kesehatan merupakan kebutuhan yang wajib dipenuhi oleh pemerintah daerah terutama untuk pelayanan kesehatan di wilayah pedalaman," katanya di Sampit, Kamis.

Penempatan tenga kesehatan di Kotawaringin Timur masih belum merata terutama di wilayah pedalaman masih kekurangan.

Hero mengatakan, masih kurangnya tenaga kesehatan di wilayah pedalaman, hal itu lebih dikarenakan kurang adanya ketegasan dari pemerintah daerah dalam mengatur penempatan tenaga kesehatan.

Pemerintah daerah terlalu mudah mengabulkan permintaan dari tenaga kesehatan yang telah ditempatkan di daerah pindah ke ke daerah perkotaan, tanpa terlebih dahulu menyiapkan tenaga pengganti.

"Saya berharap pemerintah Kotawaringin Timur mengevaluasi kembali penempatan tenaga kesehatan, sebab jika dibiarkan berlarut tidak menutup kemungkinan masyarakat pedalaman tidak akan mendapat pelayanan kesehatan," katanya.

Hero berharap pemerintah daerah dalam hal ini dinas teknis dan instansi terkait untuk tidak bertindak sesuka hati dalam mengatur tenaga kesehatan, sebab hal ini akan merugikan masyarakat yang membutuhkan pelayanan kesehatan.

"Keluhan kurangnya tenaga kesehatan di pedalaman sebetulnya sudah lama, dan keluhan yang sama ini saya terima saat anggota dewan melakukan monitoring dan pengecekan pelaksanaan pembangunan tahun anggaran 2016," katanya.

Hero mengatakan, keluhan masyarakat terkait masih kurangnya tenaga kesehatan di wilayah pedalaman ini akan menjadi catatan DPRD dan meminta pemerintah daerah untuk melakukan perbaikan dan pembenahan program pada tahun yang akan datang.

"Apa yang disampaikan dan dikeluhkan masyarakat adalah fakta, jadi pemeritah daerah wajib melakukan pembenahan dengan melakukan pemerataan penempatan tenaga kesehatan," demikian Hero.

Editor: Rachmat Hidayat

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Baca Juga