Selasa, 17 Oktober 2017

Kotawaringin Timur Perkuat Sektor Jasa, Untuk Apa?

id kotawaringin timur, sektor jasa kotim, halikinnor, kotawaringin utara, kalimantan tengah
Kotawaringin Timur Perkuat Sektor Jasa, Untuk Apa?
Asisten II Sekretariat Daerah Kotim, Halikinnor (Foto Antara Kalteng/Norjani)
Sampit (Antara Kalteng) - Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah, memperkuat sektor jasa untuk mengantisipasi pemekaran wilayah jika nanti pembentukan Kabupaten Kotawaringin Utara terwujud.

"Kita harus mengantisipasi sejak sekarang. Kita perlu menggali potensi-potensi pendapatan daerah, khususnya sektor jasa yang diperkirakan dapat menjadi andalan bagi Kotawaringin Timur. Sehingga, ketika Kotawaringin Utara terbentuk maka daerah kita bisa tetap mandiri," kata Asisten Administrasi Perekonomian dan Pembangunan Sekretariat Daerah Kotawaringin Timur, Halikinnor di Sampit, Kamis.

Saat ini perjuangan pembentukan Kotawaringin Utara terus berjalan. Kabupaten baru ini rencananya meliputi enam kecamatan di kawasan Utara yaitu Parenggean, Antang Kalang, Telaga Antang, Mentaya Hulu, Tualan Hulu, dan Bukit Santuai.

Halikinnor mengakui, selama ini kontribusi kawasan Utara cukup besar terhadap perekonomian Kotawaringin Timur. Mengingat, sebagian potensi sumber daya alam seperti tambang, kayu dan perkebunan kelapa sawit, berada di kawasan Utara.

Jika kabupaten ini terbentuk maka otomatis sumber pemasukan daerah Kotawaringin Timur akan berkurang. Untuk itulah harus diantisipasi sejak dini agar nantinya dampaknya tidak terlalu berpengaruh terhadap perekonomian dan jalannya pembangunan di Kotawaringin Timur.

Pemerintah daerah optimistis Kotawaringin Timur akan tetap maju dan perekonomiannya terus meningkat dengan mengandalkan berbagai sektor, salah satunya sektor jasa. Dengan potensi dan sumber daya yang dimiliki saat ini, Kotawaringin Timur bisa menjadi kota jasa dalam hal transportasi, kota pendidikan, kota wisata, hiburan dan kota bisnis atau industri.

"Tentu ini harus kita siapkan dari sekarang, termasuk mempersiapkan masyarakat dalam mengoptimalkan potensi-potensi yang ada. Harapannya, ketika pemekaran terjadi, sektor-sektor baru ini sudah mampu menjadi andalan dan menopang perekonomian daerah kita," harap Halikinnor.

Kotawaringin Timur memiliki sarana transportasi yang sudah memadai, baik jalur darat, sungai laut maupun udara. Sarana hiburan, pendidikan, industri dan pariwisata di daerah ini juga sudah sangat bagus sehingga mampu menjadi daya tarik bagi masyarakat daerah lain. 

Editor: Zaenal A.

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Baca Juga