Kamis, 27 Juli 2017

Jelang Ramadhan, Pemkot Diminta Identifikasi Potensi Inflasi

id DPRD palangka raya, DPRD kota, kota palangka raya, dprd kota palangkaraya, Jumat`ni, jelang ramadhan, inflasi, pemkot palangka raya, Pemkot Diminta I
Jelang Ramadhan, Pemkot Diminta Identifikasi Potensi Inflasi
Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Palangka Raya, Jumat`ni (Foto Antara Kalteng/Ronny NT)
...Pemerintah kota bersama tim pengendali inflasi daerah harus serius menangani ini. Apalagi ini persoalan yang berulang setiap tahun,"
Palangka Raya (Antara Kalteng) - Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kota Palangka Raya, Jumat`ni meminta pemerintah kota mengidentifikasi sejumlah persoalan terkait penyebab bahan pangan bergejolak yang berpotensi memicu inflasi menjelang Ramadhan dan lebaran 2017.

"Hasil identifikasi ini sebaiknya juga disandingkan dengan data penyebab inflasi selama Ramadhan dan lebaran tahun lalu agar penyusunan program antisipasi kenaikan harga semakin tepat sasaran dan berjalan maksimal," kata anggota Komisi B DPRD di Palangka Raya, Jumat.

Menurut dia, diantara persoalan selama ini penyebab kenaikan harga barang terletak pada stok barang, proses distribusi, kebiasaan masyarakat dan aksi penimbunan yang dilakukan orang tertentu.

Persoalan lain adalah kebiasaan masyarakat yang cenderung melakukan pembelian bahan pangan dalam jumlah banyak sekaligus menjelang Ramadhan atau lebaran.

"Berbagai persoalan tersebut harus segera dipetakan. Pemerintah kota bersama tim pengendali inflasi daerah harus serius menangani ini. Apalagi ini persoalan yang berulang setiap tahun," kata politisi partai amanat nasional (PAN) ini.

Dia mengimbau masyarakat untuk mengubah kebiasaan tersebut. Pedagang juga diminta tidak mencari untung terlalu besar pada momen tersebut.

"Pengawasan perlu dilakukan ditingkat pedagang pengumpul dan distributor secara berkelanjutan untuk memastikan kebutuhan di wilayah itu mencukupi sehingga harganya stabil," katanya.

Sementara itu, pihak Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Palangka Raya, mengaku tengah menyiapkan langkah antisipasi kenaikan harga barang atau inflasi saat Ramadhan dan lebaran 1438 Hijriah.

Diantara rencana tersebut ialah menggelar operasi pasar kebutuhan pokok serta berkoordinasi dengan pihak penyedia barang, guna memastikan persediaan selama Ramadhan dan lebaran tercukupi.

Editor: Rachmat Hidayat

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Baca Juga