Rabu, 20 September 2017

Mantap! Pemkab Ini Gelar Pemeriksaan Kanker Serviks Gratis

id Barito Utara, barut, Muara Teweh, pemkab barut, Ketua TP PKK Barut, Hj Sri Hidayati, kanker, kanker servik, pemeriksaan, kalimantan tengah, kalteng
Mantap! Pemkab Ini Gelar Pemeriksaan Kanker Serviks Gratis
Ketua TP PKK Kabupaten Barito Utara, Hj Sri Hidayati dan Ketua GOW Melpadona, Sekdis Kesehatan Siswandoyo dan Kepala Puskesmas Melayu dr D Hesti Parlina foto bersama usai kegiatan pemeriksaan IVA dalam rangka Hari Kartini tahun 2017, di Puskesmas Melayu Muara Teweh, Jumat (21/4/17). Istimewa
Muara Teweh (Antara Kalteng) - Pemerintah Kabupaten Barito Utara, Kalimantan Tengah, melaksanakan pemeriksaan IV A (Inpeksi Visual dengan Asam Asetat) yakni pemeriksaan potensi kanker leher rahim (serviks) secara gratis guna menyabut Hari Kartini 2017.

"Saya selaku Ketua Tim Penggerak PKK Barito Utara sangat menyambut baik dan mengapresiasi kegiatan yang dilaksanakan Puskesmas Melayu yang bekerja sama dengan Dinas Kesehatan, TP PKK serta BPJS Kesehatan sebagai momentum peringatan Hari Kartini tahun 2017," kata Ketua TP PKK Barito Utara Hj Sri Hidayati di Muara Teweh, Jumat.

Menurut Sri Hidayati, kegiatan tersebut merupakan kegiatan yang positif, di mana pemerintah daerah memberikan fasilitas kepada para wanita di daerah itu untuk mendapatkan pemeriksaan IVA secara gratis untuk mendeteksi secara dini potensi kanker serviks.

Kegiatan ini sejalan dengan salah satu Misi Pembangunan Daerah Kabupaten Barito Utara tahun 2013-2018 yaitu peningkatan akses dan mutu layanan kesehatan.

Selain itu juga Organisasi Kesehatan Dunia disebutnya telah mencatat bahwa Indonesia merupakan negara dengan jumlah penderita kanker serviks yang tertinggi di dunia.

"Saya mengharapkan diwaktu yang akan datang kegiatan semacam ini dapat berlanjut sehingga wanita di Kabupaten Barito Utara dapat terhindar dan terbebas dari penyakit yang mematikan tersebut," kata Sri Hidayati yang juga istri Bupati Barito Utara Nadalsyah.

Sementara Kepala Puskesmas Melayu dr D Hesti Parlina mengatakan tujuan dari pemeriksaan IVA ini adalah untuk mengetahui sedini mungkin resiko terjadinya penyakit kanker serviks atau leher rahim sehingga dapat diberikan penanganan lebih lanjut.

"Untuk pencegahan dengan melakukan pemeriksaan IVA dan Pap Smear secara rutin setiap enam bulan atau satu tahun sekali, serta mendapatkan imunisasi untuk pencegahan kanker serviks atau leher rahim dengan dokter spesialis," kata dia.

Kegiatan tersebut juga dihadiri Ketua GOW Barito Utara Melpadona, Wakil Ketua Bhayangkari, Sekdis Kesehatan Siswandoyo, Kepala Puskesmas Melayu dr D Hesti Parlina dan TP PKK Barito Utara.

Editor: Rachmat Hidayat

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Baca Juga