Barito Selatan Kembangkan Populasi Kerbau Rawa Jadi Kawasan Agrowisata

id barito selatan, barsel, kota buntok, Kerbau Rawa, Kawasan Agrowisata, kalteng, kalimantan tengah, Jenamas, Rusdaasoqa

Barito Selatan Kembangkan Populasi Kerbau Rawa Jadi Kawasan Agrowisata

Ilustrasi - Kerbau Rawa (Istimewa)

Kita berharap kawasan itu nantinya akan menjadi kawasan wisata yang bisa diminati oleh pengunjung, baik wisatawan dalam negeri maupun luar negeri,"
Buntok (Antara Kalteng) - Pemerintah Kabupaten Barito Selatan, Kalimantan Tengah akan mengembangkan populasi kerbau rawa di kecamatan Jenamas menjadi kawasan agrowisata.

"Pada tahun 2017 ini, kita akan menyusun program pengembangan kerbau rawa di kecamatan Jenamas menjadi kawasan agrowisata," kata Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian, Perikanan dan Perkebunan Barsel Rusdaasoqa di Buntok, Jumat.

Ia mengatakan, pihaknya sudah melakukan peninjauan ke lokasi di Kecamatan Jenamas yang mana jumlah populasi dari kerbau rawanya berjumlah kurang lebih 7 ribu ekor tersebut.

"Untuk mengembangkannya menjadi kawasan agro wisata memerlukan strategi-strategi kreatif sehingga potensi kerbau rawa di Barito Selatan ini bisa dikembangkan lebih jauh lagi,"ucap dia.

Karena lanjut dia, pengembangan kawasan kerbau rawa ini merupakan salah satu program andalan pihaknya kedepan.

"Kita berharap kawasan itu nantinya akan menjadi kawasan wisata yang bisa diminati oleh pengunjung, baik wisatawan dalam negeri maupun luar negeri," tambah Rosdaasoqa.

Menurut dia, supaya program tersebut bisa terwujud, pihaknya telah menyampaikan permohonan kepada pemerintah pusat agar kawasan tersebut bisa dikembangkan dan paling tidak 85 persen dananya bersumber dari APBN.

"Kita berharap pengembangan kawasan agro wisata di kecamatan Jenamas ini dapat segera terwujud," harap dia.