Wow! PT Jamkrida Salurkan Kredit ke Masyarakat Hingga Ratusan Miliar

id kalimantan tengah, kalteng, Direktur Utama PT Jamkrida Kalteng, Suhartono, gubernur kalteng, sugianto sabran, Saluran kredit, kredit usaha, PT Jamkrid

Wow! PT Jamkrida Salurkan Kredit ke Masyarakat Hingga Ratusan Miliar

Direksi PT Jamkrida Kalteng bersama Kepala Daerah se-Kalteng foto bersama usai RUPS, Palangka Raya, Jumat (21/4/17). Istimewa

Palangka Raya (Antara Kalteng) - PT Penjamin Kredit Daerah Badan Usaha Milik Daerah Pemerintah se-Provinsi Kalimantan Tengah pada 2016 berhasil menyalurkan kredit hingga ratusan miliar rupiah untuk membantu masyarakat yang berusaha di berbagai bidang.

Pada 2015 jaminan kredit yang disalurkan hanya sekitar Rp73 miliar namun pada 2016 mengalami peningkatan drastis hingga Rp326 miliar, kata Direktur Operasional PT Jamkrida Kalteng Ida Rumiana melalui rilis di Palangka Raya, Sabtu.

"Tahun buku 2014 jumlah nasabah terjamin PT Jamkrida Kalteng 301 nasabah, tahun buku 2015 meningkat 519 persen menjadi 1.562 nasabah, dan tahun buku 2016 meningkat 191 persen menjadi 4.549 nasabah," kata Ida.

Direktur Utama PT Jamkrida Kalteng Suhartono mengatakan, peningkatan nasabah terjamin dan volume penjaminan PT Jamkrida Kalteng tidak lepas dari dukungan dari pemerintah daerah selaku pemegang saham.

"Pencapaian itu juga berkat mitra kerja PT Jamkrida Kalteng yang terdiri dari Bank Kalteng, Ventura Kalteng, BPR Maruting Sejahtera Pangkalan Bun, BPR Artha Sukma Sejahtera Sukamara, LPDB dan BPR Syariah Mitra Amanah, SOPD terkait serta masyarakat pengusaha di Kalteng," katanya.

Gubernur Sugianto Sabran dalam sambutannya yang dibacakan Wakil Gubernur Ismail saat RUPS PT Jamkrida Kalteng tahun buku 2016, Jumat (21/4), mengapresiasi pencapaian yang telah dilakukan PT Jamkrida Kalteng.

Guna menjaga dan meningkatkan pencapaian PT Jamkrida Kalteng, Gubernur meminta seluruh pemegang saham PT Jamkrida bisa segera merealisasikan komitmen penyertaan modal agar modal yang disepakati bisa terpenuhi secara penuh.

Seluruh kabupaten/kota se-Kalteng diminta mendirikan Perusahaan Daerah Bank Pengkreditan Rakyat (PD BPR) agar penyaluran kredit dan penjaminan kredit kepada pelaku usaha mikro kecil bisa tersalurkan secara merata. Saat ini PD BPR baru ada di kabupaten Kotawaringin Barat dan kabupaten Sukamara.

"Saya minta, PT Bank Kalteng dan PT Jamkrida Kalteng sebagai BUMD seluruh pemerintah daerah di Kalteng harus mampu bersinergi dengan baik sehingga mampu berperan dalam meningkatkan perekonomian masyarakat Kalteng," kata Ismail.