Pemberdayaan Masyarakat Efektifkan Pencegahan Karhutla, Kata Legislator

id dprd palangka raya, alfian batnakanti, karhutla, pencegahan karhutla, kalimantan tengah

Pemberdayaan Masyarakat Efektifkan Pencegahan Karhutla, Kata Legislator

Anggota Komisi B DPRD Kota Palangka Raya, Alfian Batnakanti (Foto Antara Kalteng/Rendhik Andika)

Palangka Raya (Antara Kalteng) - Anggota Komisi B DPRD Kota Palangka Raya, Alfian Batnakanti mengatakan pemberdayaan masyarakat sangat penting dilakukan oleh pemerintah dalam pola pencegahan kebakaran hutan yang terjadi di lahan gambut.

"Upaya pencegahan kebakaran hutan dan lahan di kawasan gambut yang dilakukan pemerintah semakin efektif jika pemberdayaan dan keterlibatan masyarakat ditingkatkan," katanya di Palangka Raya, Sabtu.

Menurut politisi Gerindra itu, dalam pencegahan karhutla, pemerintah "Kota Cantik" belum maksimal dalam melibatkan dan memberdayakan masyarakat.

"Upaya pencegahan Karhutla melalui pemberdayaan masyarakat itu dapat dilakukan dengan pembekalan kemampuan pemadaman dan penyediaan alat pemadaman. Selain itu, juga dapat dilakukan melalui peningkatan kerterlibatan di sektor pertanian yang memberikan dampak perekonomian masyarakat," katanya.

Menurut Alfian, jika upaya tersebut itu dilakukan, selain meminimalkan Karhutla, masyarakat juga semakin sejahtera sebagai manfaat lahan tidak terbakar.

Selama ini, pemerintah lebih fokus melakukan penanggulangan dan pemadaman secara langsung.

Padahal, menurut dia pencegahan dengan memberdayakan masyarakat jauh lebih murah dibandingkan dengan upaya penanggulangan.

Dia mengajak seluruh elemen masyarakat yang ada di wilayah Palangka Raya untuk aktif dan berkomitmen dalam penanggulangan Karhutla.

"Jangan sampai karena ketidak pedulian kita, bencana kabut asap yang terjadi pada 2015 lalu terjadi lagi," katanya.