Saya Tak Bangga Jika Sampit Expo Hanya Ramai Stan OPD, Tingkatkan Stan UMKM

id kotawaringin timur, sampit expo 2017, bupati kotim, supian hadi, stan OPD, stan UMKM, kalimantan tengah

Saya Tak Bangga Jika Sampit Expo Hanya Ramai Stan OPD, Tingkatkan Stan UMKM

Bupati Kotim H Supian Hadi bersama pejabat lainnya melepas burung merpati sebagai tanda dibukanya Sampit Expo 2017 yang digelar di Stadion 29 November Sampit, Sabtu (22/4/2017). (Foto Antara Kalteng/Norjani)

Sampit (Antara Kalteng) - Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah kembali menggelar Sampit Expo 2017 dengan tujuan utama membantu mempromosikan usaha mikro, kecil dan menengah supaya lebih berkembang.

`Saya tidak bangga kalau event tahunan ini hanya diramaikan oleh stan milik satuan organisasi perangkat daerah. Saya berharap, setiap tahun peserta dari kalangan UMKM terus meningkat. Banyak UMKM yang menjadi peserta expo bisa menjadi gambaran sejauh mana keberhasilan masing-masing instansi dalam membina pelaku usaha kecil," kata Bupati H Supian Hadi, saat membuka Sampit Expo 2017 di Stadion 29 November Sampit, Sabtu sore.

Menurut Supian, Sampit Expo rutin digelar. Selain sebagai rangkaian peringatan hari ulang tahun Kabupaten Kotawaringin Timur, Sampit Expo menjadi salah satu upaya pemerintah daerah mempromosikan produk usaha mikro, kecil dan menengah.

Setiap kecamatan dan satuan organisasi perangkat daerah lainnya juga menampilkan hasil karya pelaku usaha kecil di daerah masing-masing atau binaan mereka. Tujuannya agar produk itu makin dikenal dan diminati, sehingga permintaan barang meningkat dan berimbas pada meningkatnya pula pendapatan masyarakat.

Event ini juga untuk mempertemukan pelaku usaha kecil dengan pembeli, bahkan investor besar. Menurutnya, bukan hal mustahil akan terjalin kerja sama saling menguntungkan dan terus berkembang.

"Pelaku UMKM luar daerah juga ada yang kami undang sebagai upaya mencari pembanding dan bertukar ilmu serta keterampilan, sehingga berimbas pada kualitas pelaku UMKM di Kotawaringin Timur," kata Supian lagi.

Supian bersama Wakil Bupati HM Taufiq Mukri dan pejabat lainnya menyempatkan berkeliling memantau stan-stan yang ada. Mereka berbaur dengan pengujung yang sejak siang sudah memadati arena Sampit Expo 2017.

Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kotawaringin Timur Mudjiono menyebutkan, Sampit Expo 2017 diikuti 45 satuan organisasi perangkat daerah, termasuk kecamatan, ditambah 20 pelaku UMKM dari berbagai kota, perbankan, 20 pengusaha otomotif, dan lainnya.

"Peserta dari UMKM memang tidak sebanyak yang kami targetkan karena saat ini mereka banyak yang mengikuti kegiatan serupa di Palangka Raya. Awalnya Sampit Expo akan digabung dengan Kalteng Expo dilaksanakan di Sampit, tapi karena kami juga menjadi tuan rumah pertemuan Harley Davidson internasional, akhirnya Sampit Expo dimajukan," kata Mudjiono.

Sampit Expo juga dibarengi Festival Tari Kreasi Daerah Kalimantan Tengah.

Dua kegiatan ini diharapkan membawa dampak positif bagi masyarakat, khususnya pelaku usaha.