Keren! Ratusan Motor Besar Akan Padati Jalanan Sampit

id kotawaringin timur, bike festival, Borneo Island International Bike Festival, Kalimantan Bike Week, sampit, kalimantan tengah

Keren! Ratusan Motor Besar Akan Padati Jalanan Sampit

Ilustrasi - Salah satu aksi yang dilakukan perkumpulan motor besar di Kotim saat melintas di jalan. (FOTO ANTARA Kalteng/Untung Setiawan)

Sampit (Antara Kalteng) - Diperkirakan lebih dari 500 motor besar Harley Davidson dan sejenisnya akan memadati jalanan di Sampit, Kalteng saat digelarnya Borneo Island International Bike Festival dan Kalimantan Bike Week.

"Kami memohon maaf kepada seluruh masyarakat jika nanti Sampit akan bergemuruh dan jalanan dipadati Harley Davidson dan motor besar lainnya selama kegiatan berlangsung. Kegiatan ini bukan sekadar seremonial, tapi juga untuk memperkenalkan daerah kita," kata Koordinator Bidang Acara, Multazam di Sampit, Minggu.

Borneo Island International Bike Festival ke-18 dan Kalimantan Bike Week ke-2 pada 28 hingga 30 April di Sampit Kabupaten Kotawaringin Timur, diperkirakan akan diikuti sekitar 700 peserta dengan jumlah sepeda motor lebih dari 500 buah. Peserta tidak hanya berasal dari berbagai daerah di Indonesia, tetapi juga dari negara tetangga seperti Malaysia, Brunei Darussalam, Singapura dan Filipina.

Saat ini sudah lebih 600 peserta yang mendaftarkan diri ke panitia, termasuk peserta dari negara lain seperti dari Sabah, Serawak, Brunei, Kinabalu dan lainnya, yang jumlahnya terus bertambah. Peserta diperkirakan mulai berdatangan ke Sampit pada 27 April, dengan datang dari jalur Trans Kalimantan Poros Selatan menyusuri Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan hingga ke Sampit Kalimantan Tengah, maupun melalui jalur Kalimantan Barat menuju Kalimantan Tengah.

Peserta berasal dari dua komunitas besar yakni Harley Davidson Club Indonesia dan Ikatan Motor Besar Indonesia. Berbagai kegiatan positif akan dilaksanakan selama kegiatan berlangsung.

"Acaranya dimulai parade bendera dari Dinas Perhubungan, berkeliling kota dan berakhir di Citimall Sampit. Peserta juga akan melaksanakan kegiatan sosial seperti donor darah, bantuan kejutan untuk warga tidak mampu dan yatim piatu, serta penanaman pohon," tambah Multazam yang juga Kepala Bagian Protokol dan Komunikasi Publik Sekretariat Daerah Kotawaringin Timur.

Peserta juga akan dibawa mengikuti kegiatan di sejumlah objek wisata di kawasan Kota Sampit. Panitia masih mengatur waktu kunjungan ke objek wisata Pantai Ujung Pandaran karena jadwal kegiatan cukup padat.

Pemerintah daerah sangat mendukung kegiatan ini, salah satunya dengan menggelar event untuk masyarakat dan turis yakni "Sampit Etnic Carnaval" pada 29 April, dilanjutkan pada malam harinya menggelar malam perpisahan yang dipusatkan di Citimall Sampit.

"Ini kontribusi bikers di Sampit mendukung tahun kunjungan wisata di Kotawaringin Timur. Tahun 2016 lalu sektor jasa terpuruk sehingga kegiatan ini diharapkan kembali memberi motivasi kepada masyarakat dan dunia usaha untuk kembali bangkit. Kami juga meminta masyarakat Kotawaringin Timur bisa menerima para tamu kita ini dengan mempersiapkan industri jasa, termasuk kuliner," harap Multazam.

Kegiatan ini diyakini membawa dampak positif bagi daerah dan masyarakat Kotawaringin Timur. Selain momen besar promosi daerah, uang yang berputar selama kegiatan ini juga sangat besar karena ratusan peserta menyewa kamar hotel, berbelanja dan mempergunakan jasa yang dikelolah dunia usaha atau masyarakat.