Seleksi Sekda Kotim Secara Terbuka

id kotawaringin timur, seleksi sekda kotim, sekda kotim, put sudarsana, kalimantan tengah

Seleksi Sekda Kotim Secara Terbuka

Sekda Kotim Putu Sudarsana. (Foto Antara Kalteng/Norjani)

Sampit (Antara Kalteng) - Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah dalam waktu dekat akan menyeleksi sejumlah pejabat untuk menduduki jabatan sebagai Sekretaris Daerah kabupaten setempat.

Sekretaris Daerah Kabupaten Kotawaringin Timur, Putu Sudarsana di Sampit, Senin mengatakan seleksi dilakukan secara terbuka dan paling lambat akan digelar akhir Mei 2017.

"Seleksi harus segera dilakukan karena pejabat Sekda yang saat ini akan berakhir pada Juni 2017 dan tidak dapat diperpanjang lagi karena harus pensiun," tambahnya.

Jika hingga pejabat Sekda yang ada sekarang pensiun dan belum ada pengganti maka jabatan Sekda untuk sementara akan di jabat pelaksana tugas (Plt).

Untuk pelaksanaan seleksi tersebu pemerintah Kabupaten Kotawaringin Timur akan segera membentuk tim panitia seleksi (Pansel).

"Karena seleksi ini dilakukan secara terbuka maka pejabat dari daerah lain bisa mengikuti seleksi ini dengan sarat harus memenuhi ketentuan yang berlaku terutama pada kepangkatan," jelasnya.

Putu mengatakan, seleksi jabatan Sekda nantinya akan mengacu pada aturan yang berlaku, yakni berpedoman pada Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 18 Tahun 2016 tentang perangkat daerah.

"Pansel nantinya menyerahkan tiga nama ke bupati dan bupati lah yang berhak menetapkan, melantik serta menerbitkan Surat Keputusan (SK) pejabat tersebut. Jadi tidak lagi harus melalui gubernur dan menteri dalam negeri lagi," katanya.

Putu mengatakan, belum bisa dilaksanakannya seleksi Sekda saat ini karena pemerintah Kotawaringin Timur masih fokus pada evaluasi kinerja dan uji kompetensi jabatan pimpinan tinggi pratama eselon IIB.

"Hasil evaluasi kinerja dan uji kompetensi pejabat eselon IIB tersebut rencananya akan diumumkan pada 9 Mei 2017. Setelah itu baru dilakukan seleksi untuk jabatan Sekda," demikian Putu.