Kotim Targetkan Sukses Ganda di Festival Isen Mulang

id kotawaringin timur, festival isen mulang, Festival Budaya Isen Mulang, gubernur kalteng, kalimantan tengah

Kotim Targetkan Sukses Ganda di Festival Isen Mulang

Sejumlah peserta dari beberapa Kabupaten/Kota menunjukan tarian khas daerahnya masing-masing pada karnaval Festival Budaya Isen Mulang 2016 dalam rangka HUT Provinsi Kalteng ke-59 tahun di kawasan Bundaran Besar Kota Palangka Raya, Rabu (18/5/2016).

Sampit (Antara) - Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah, menargetkan bisa meraih sukses ganda dalam Festival Budaya Isen Mulang yang akan digelar di Sampit pada 19 - 23 Mei nanti.

"Sebagai peserta, kami berharap bisa berprestasi dengan baik dan selaku tuan rumah, tentu kita semua berharap agar kita bisa melaksanakan kegiatan ini dengan baik dan tidak mengecewakan tamu-tamu yang datang mengikuti acara ini nanti," kata Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kotawaringin Tmur, Fajrurrahman di Sampit, Senin.

Gubernur H Sugianto Sabran telah memutuskan peringatan Hari Ulang Tahun Provisi Kalimantan Tengah tahun ini dilaksanakan di Sampit. Festival Budaya Isen Mulang yang merupakan rangkaian peringatan hari ulang tahun tersebut juga dilaksanakan di Sampit.

Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Timur telah melakukan berbagai persiapan menjelang pelaksanaan Festival Budaya Isen Mulang. Festival yang memperlombakan berbagai seni, olahraga dan tradisi tradisional suku Dayak itu akan diikuti peserta dari 13 kabupaten dan satu kota, termasuk Kotawaringin Timur.

Panitia sudah melakukan identifikasi tempat-tempat yang akan digunakan untuk tempat perlombaan. Namun acara akan lebih banyak digelar di Taman Kota Sampit yang lokasinya sangat strategis karena berada di tengah kota.

Fajrurrahman memperkirakan sedikitnya 2000 peserta akan datang ke Sampit untuk mengikuti festival budaya tahunan itu. Mereka akan bermalam di Sampit selama tiga hingga empat hari di kota ini, bahkan saat ini kontingen rata-rata sudah memesan hotel.

"Ini akan berdampak besar bagi daerah dan masyarakat kita. Bayangkan, sedikitnya 2000 orang akan menginap, berbelanja dan menggunakan berbagai jasa di daerah kita. Ini tentu membawa pemasukan bagi masyarakat dan daerah. Ini juga sangat berdampak positif bagi promosi pariwisata Kotawaringin Timur," kata Fajrurrahman.

Terkait kesiapan kontingen Kotawaringin Timur dalam perlombaan, Fajrurrahman mengatakan persiapan terus dilakukan. Para atlet yang saat ini menjalani pembinaan merupakan juara lomba pada Festival Budaya Habaring Hurung yang dilaksanakan belum lama ini untuk menjaring atlet terbaik di Kotawaringin Timur.

Kontingen Kotawaringin Timur beranggotakan lebih dari 150 orang, akan mengikuti semua cabang yang akan diperlombakan. Berdasarkan evaluasi, hampir semua cabang berpotensi menyumbangkan medali saat Festival Budaya Isen Mulang nanti.