Hasil Kerajinan Lapas Sampit Unik dan Berkualitas, Dijual di Expo

id kotawaringin timur, lapas kelas II B sampit, lapas sampit, dinsos kotim, kalimantan tengah

Hasil Kerajinan Lapas Sampit Unik dan Berkualitas, Dijual di Expo

Dinas Sosial Kabupaten Kotawaringin Timur memasarkan berbagai hasil kerajinan karya warga binaan Lembaga Pemasyarakatan Klas II B Sampit melalui stan di Sampit Expo 2017. (Foto Antara Kalteng/Norjani)

Sampit (Antara Kalteng) - Dinas Sosial Kabupaten Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah, membantu memasarkan berbagai produk hasil kerajinan narapidana di Lembaga Pemasyarakatan Kelas II B Sampit dengan mengikutkannya dalam ajang Sampit Expo 2017.

"Ini upaya kami membantu agar produk buatan warga binaan di Lembaga Pemasyarakatan Sampit bisa diterima masyarakat. Hasil kerajinan mereka unik-unik dan berkualitas, sama seperti yang dihasilkan perajin pada umumnya," kata Pelaksana Tugas Kepala Dinas Sosial Kotawaringin Timur, Heriyanto di Sampit, Senin.

Berbagai hasil kerajinan warga binaan Lembaga Pemasyarakatan Sampit turut ditampilkan di stan Dinas Sosial dalam ajang Sampit Expo 2017. Diantaranya, berbagai hiasan ruangan dan perabot terbuat dari batok kelapa dan kayu, tas sulam dan rajut, miniatur Harley Davidson dan becak terbuat dari kertas, serta produk lainnya.

Hasil kerajinan itu cukup menarik dan unik sehingga mampu menarik minat pengunjung untuk membeli. Mereka bertambah kagum setelah mengetahui produk-produk itu ternyata hasil keterampilan narapidana dari balik penjara di Lembaga Pemasyarakatan Klas II B Sampit.

Heriyanto menjelaskan, ini bukan partisipasi dan kepedulian dadakan instansinya terhadap warga binaan Lembaga Pemasyarakatan Sampit. Selama ini pihaknya bekerjasama dengan pihak lembaga pemasyarakatan dalam membina warga binaan.

Dinas Sosial membantu warga binaan mengembangkan kemampuan dan keterampilan mereka sehingga menghasilkan produk bernilai ekonomi. Selanjutnya, Dinas Sosial juga membantu memasarkan produk kerajinan itu dengan berbagai cara, salah satunya melalui Sampit Expo 2017 yang saat ini sedang berlangsung.

"Kami berharap ini bermanfaat bagi warga binaan karena hasilnya juga kami serahkan kepada mereka. Kami akan terus berupaya membantu agar warga binaan di lembaga pemasyarakatan bisa memperbanyak kegiatan-kegiatan positif," kata Heriyanto.

Heriyanto mengimbau masyarakat untuk menghargai upaya warga binaan memperbaiki diri dengan melakukan hal-hal positif dan bermanfaat. Masyarakat harus bisa menerima dengan tangan terbuka dan membantu mereka untuk mencapai kehidupan yang lebih baik lagi.