Polisi Terapkan Sistem Buka Tutup Dua Jalur Saat Wapres di Palangka Raya

id palangka raya, polres palangka raya, polantas palangka raya, wapres di palangka raya, UM palangkaraya, kalimantan tengah

Polisi Terapkan Sistem Buka Tutup Dua Jalur Saat Wapres di Palangka Raya

Kasat Lantas Polres Palangka Raya AKP Cristian Maruli Siregar. (Foto Antara Kalteng/Abow)

Palangka Raya (Antara Kalteng) - Polisi Satuan Lalu Lintas Polres Palangka Raya, Kalimantan Tengah melakukan sistem buka tutup jalur di dua ruas yang bakal dilalui Wakil Presiden Republik Indonesia Jusuf Kalla pada Rabu (26/4). 

"Dua ruas tersebut yang akan dilakukan buka tutup Jalan Adonis Samad, RTA Milono sampai bundaran burung. Ruas jalan itu nantinya kita akan kita alihkan pengendara selama 30 menit ke jalur yang sudah kita tentukan," kata Kasat Lantas Polres setempat, AKP Cristian Maruli Siregar, Selasa. 

Untuk jalur RTA Milono tepatnya di depan kampus Universitas Muhammadiyah Palangkaraya pengendara hendak menuju bundaran kecil kita alihkan ke Jalan William AS. Sedangkan di jalur Adonis Samad kita mengalihkan ke Jalan Seth Adji sesuai dengan kondisi di lapangan. 

"Jalur buka tutup selama 20-30 menit ini bisa berubah dengan penutupan jalur yang sudah dibuat, kita juga melihat kondisi di lapangan apabila tidak memungkinkan maka kita membuka tutup jalur yang paling dekat guna membuat pengendara lainnya berjalan normal," katanya. 

Maruli mengatakan, jalur yang akan dilalui orang nomor dua RI tersebut juga sudah dilakukan sterilisasi hingga saat Wapres melintas sama sekali tidak ada gangguan.

"Pada intinya 30 menit sebelum melintas di dua jalur itu kita anggota Polantas yang berjumlah 50 orang berjaga-jaga dan mengatur arus lalulintas agar tidak terjadi macet serta permasalahan lainnya," ucapnya. 

Lebih lanjut, sambung perwira berpangkat balok tiga itu, untuk masyarakat agar memilih jalur lain ketiga memasuki pukul 09.00 WIB. Pasalnya diprediksi jalur tersebut akan disterilisasikan oleh anggota kepolisian serta di jaga ketat oleh aparat TNI bersenjata yang juga sudah berjaga-jaga setiap gang yang berjarak 10 meter. 

"Walaupun menggunakan jalur yang bakal di lalui oleh Wapres, saya harap bisa mengendarai jalur tersebut dengan hati-hati agar tidak ada kejadian laka lantas serta bisa menghambat rangkaian yang sudah di jadwalkan serta dilakukan gladi bersih sebelum di lalui Wapres," demikian Maruli.