Pemkab Ini Gelar Pengobatan Katarak Gratis

id Barito Utara, barut, Muara Teweh, pemkab barut, bupati barut, nadalsyah, pengobatan gratis, kalimantan tengah, kalteng

Pemkab Ini Gelar Pengobatan Katarak Gratis

Bupati Barito Utara, Nadalsyah dan sejumlah pejabat menyaksikan operasi katarak di ruang operasi di Rumah Sakit Umum Daerah Muara Teweh, Selasa (25/4/17). (Kominfo dan Persandian Barut)

...kita harapkan masyarakat yang menderita penyakit katarak yang dulunya tidak dapat melihat setelah dioperasi bisa melihat kembali seperti semula,"
Muara Teweh (Antara Kalteng) - Pemerintah Kabupaten Barito Utara, Kalimantan Tengah menggelar pengobatan penyakit mata katarak gratis bagi masyarakat kurang mampu di sejumlah kecamatan di Rumah Sakit Umum Daerah Muara Teweh pada 25-26 April 2016.

"Kami harapkan melalui operasi katarak gratis ini dapat melayani warga miskin, terutama yang tinggal di sejumlah desa di daerah ini," kata Bupati Barito Utara Nadalsyah saat melakukan kunjungan ke RSUD Muara Teweh, Selasa.

Dalam kunjungan itu Bupati Nadalsyah didampingi Sekretaris Daerah Pemkab setempat Jainal Abidin dan Kepala Dinas Kesehatan Robansyah serta pejabat lainnya.

Bupati mengatakan, kalau salah seorang warga tersebut dalam kondisi katarak artinya dia tidak bisa melihat dan akan tergantung pada orang lain baik secara sosial maupun secara ekonomi akan dioperasi.

"Operasi ini kita harapkan masyarakat yang menderita penyakit katarak yang dulunya tidak dapat melihat setelah dioperasi bisa melihat kembali seperti semula," katanya yang akrab disapa Koyem ini.

Dia mengatakan, setelah dapat melihat, beraktifitas dan berinteraksi secara sosial maupun ekomoni yang bisa menghasilkan dan tidak menggantungkan pada orang lain. Harapan itu bisa produktif dan ada hasil, jadi angka kemiskinan akan bisa ditekan.

"Saya minta keluarga pasien katarak membantu dan merawat keluarga yang dioperasi. Karena akan terjadi psikosis pascaoperasi akibat gangguan metabolisme dan reaksi emosional terhadap tindakan operasi, kata dia.

Kepala Dinas Kesehatan Barito Utara Robansyah mengatakan, maksud dilaksanakan operasi katarak gratis ini adalah untuk memberikan pelayanan kesehatan mata kepada masyarakat yang kurang mampu di daerah itu.

"Warga yang mendaftar ulang untuk mengikuti operasi katarak ini mencapai 140 orang dari yang terdaftar 166 orang, sedangkan hari pertama ini sudah 50 orang yang siap dioperasi," katanya.

Robansyah mengatakan, tim operasi katarak berasal dari tim Persatuan Dokter Ahli Mata Indonesia (Perdami) Jakarta terdiri dari 10 orang yakni lima orang dokter spesialis mata, tiga perawat mahir mata dan dua orang teknisi alat.

"Kegiatan operasi ini dilaksanakan selama dua hari efektif, hari pertama dilaksanakan pemeriksaan dan operasi dan hari kedua tindak lanjut kasus," katanya.