Polda Kalteng Gencarkan Patroli di Dunia Maya

id kalimantan tengah, polda kalteng, cyber crime polda kalteng, cyber troop polda kalteng, akbp pambudi rahayu

Polda Kalteng Gencarkan Patroli di Dunia Maya

Ini alamat media sosial Polda Kalteng yang bisa menjadi rujukan pelaporan adanya kejahatan di dunia maya di wilayah hukum Kalimantan Tengah. (Istimewa)

Palangka Raya (Antara Kalteng) - Kepolisian Daerah Kalimantan Tengah, gencar melakukan patroli di dunia maya yang sarat akan kejahatan penipuan. 

"Polda Kalteng sudah membentuk Cyber Crime dan Cyber Troop. Untuk Cyber Crime itu tentunya mengamankan tindak kejahatan yang bersifat pidana dan melanggar undang-undang ITE, sedangkan Cyber Troop sifatnya melakukan patroli di dunia maya yang dilakukan Bid Humas Polda setempat," kata Kabid Humas Polda Kalteng, AKBP Pambudi Rahayu di Palangka Raya, Selasa. 

Pambudi Rahayu mengatakan, tidak dipungkiri kejahatan dunia maya sudah banyak korbannya sehingga masyarakat harus waspada dengan tindak kejahatan penipuan yang selama ini modusnya bervariasi.

"Belakangan ini penipuan melalui jasa online seringkali terjadi, baik itu jual beli maupun jasa pengiriman barang. Tidak hanya itu kejahatan yang mengarah ke sara serta video pornografi yang bisa merusak pengguna media sosial," katanya. 

Masyarakat diminta jangan canggung apabila dirinya tertipu melalui media sosial serta jual beli online yang bisa merugikan dirinya. 

"Kita siap menindak tegas pelaku Cyber Crime dimana saja yang sifatnya mengarah ke unsur pidana," ucapnya. 

Perwira menengah berpangkat melati dua itu juga menambahkan, pihaknya guna mengungkap pelaku kejahatan dunia maya juga bekerja sama dengan Polda Lintas provinsi lain. Karena pelaku kejahatan ini beraksi melalui daerah provinsi lain. 

"Kita bisa lacak keberadaan pelaku tindak kejahatan di dunia maya dengan menggunakan alat yang kami tidak bisa jelaskan di media masa. Intinya kami akan tangkap pelaku penipuan di dunia maya yang kerap dimanfaatkan untuk tindak kejahatan oleh para pelaku," tukasnya.