Pemkab Seruyan Gelar Pemeriksaan Kanker Serviks Gratis

id seruyan, kuala pembuang, bupati seruyan, sudarsono, kanker, kanker serviks, pemeriksaan kanker serviks, Pemkab Seruyan Gelar Pemeriksaan Kanker Servik

Pemkab Seruyan Gelar Pemeriksaan Kanker Serviks Gratis

Bupati Seruyan, Sudarsono. (Foto Antara Kalteng/Fahrian A.)

Kuala Pembuang (Antara Kalteng) - Pemerintah Kabupaten Seruyan, Kalimantan Tengah menggelar pemeriksaan deteksi dini kanker mulut rahim (serviks) gratis di Kuala Pembuang, Selasa.

Bupati Seruyan Sudarsono saat membuka kegiatan tersebut mengatakan, pemeriksaan dini kanker serviks dilakukan sebagai upaya pemerintah untuk meningkatkan kesehatan masyarakat.

"Seperti diketahui bahwa angka penderita kanker rahim di Indonesia sangat tinggi. Untuk pencegahannya dilakukan pemeriksaan deteksi dini kanker leher rahim seperti yang dilaksanakan kali ini," katanya.

Ia menambahkan, deteksi dini kanker serviks juga dilaksanakan untuk meningkatkan atau mendorong tumbuhnya kesadaran, pengetahuan dan kepedulian terhadap ancaman kanker rahim.

"Dalam banyak kasus, karena minimnya kesadaran, pengetahuan tentang kanker, sering terjadi keterlambatan penanganan kanker, sehingga upaya penyelamatan menjadi lebih sulit dan tidak tertolong lagi," katanya.

Sementara, Kepala Dinkes Seruyan Mahdiniansyah menjelaskan, kanker serviks sudah menjadi masalah nasional dan termasuk dalam kategori pembunuh nomor satu perempuan Indonesia yang berusia antara 30-60 tahun dengan 250 kasus kematian setiap tahunnya.

"Sekitar 52 juta perempuan Indonesia berpotensi terkena kanker serviks," katanya.

Oleh karena itu, ia mengimbau kaum perempuan untuk menumbuhkan kesadaran dan jangan ragu melakukan deteksi dini kanker leher rahim, semakin dini terdeteksi maka akan semakin baik, karena deteksi dini merupakan salah satu upaya pencegahan primer kanker serviks.

"Salah satu upaya yang perlu dilakukan untuk deteksi dini kanker serviks yaitu skrining awal dengan pemeriksaan yang sederhana dan rasional dengan cara pemeriksaan Inspeksi Visual Asetat (IVA). Langkah ini bisa dilakukan di tempat-tempat pelayanan kesehatan tingkat primer, seperti Puskesmas," katanya.

Deteksi kanker yang dilaksanakan melalui Tim Penggerak PKK dan Dinkes Seruyan rencananya akan digelar secara bertahap di seluruh Puskesmas di Seruyan.

Di lapangan, pemeriksaan deteksi dini kanker mulut rahim gratis di UPTD Puskesmas Kuala Pembuang I diikuti oleh ratusan peserta dari berbagai desa di sekitar Kuala Pembuang.