Bazar UMKM Meriahkan Pelaksanaan Rakornas BKS-PTIS

id palangka raya, bazar umkm di bks ptis, um palangka raya, perguruan tinggi islam swasta, kalimantan tengah

Bazar UMKM Meriahkan Pelaksanaan Rakornas BKS-PTIS

Bazar produk usaha mikro kecil menengah ikut memeriahkan pelaksanaan rapat koordinasi nasional Badan Kerja sama Perguruan Tinggi Islam Swasta yang diselenggarakan di Universitas Muhammadiyah Palangka Raya, di Kota Palangka Raya, Provinsi Kalimantan T

Palangka Raya (Antara Kalteng) - Bazar produk usaha mikro kecil menengah ikut memeriahkan pelaksanaan rapat koordinasi nasional Badan Kerja sama Perguruan Tinggi Islam Swasta yang diselenggarakan di Universitas Muhammadiyah Palangka Raya, Kota Palangka Raya, Provinsi Kalimantan Tengah.

Pantauan di lapangan di Palangka Raya, Rabu terlihat di area bazar yang berada di halaman kampus tersebut, yang terletak sebelah kanan pintu masuk menuju lokasi Rakornas, berjajar belasan gerai UMKM menjajakan aneka produk khas Palangka Raya dan Kalimantan Tengah.

Produk yang dijajakan tersebut seperti benang bintik atau kain batik khas kalimantan, kerajinan tas, topi dan tikar dari rotan, aneka kerajinan batu baik gelang, kalung maupun cincin, berbagai olahan makanan serta berbagai produk UMKM yang lain.

"Saya tertarik dengan benang bintik dan lawung atau semacam khas Kalimantan. Saya juga membeli beberapa barang khas lain yang nantinya bisa jadi barang kenangan dari Palangka Raya," kata Munawar salah satu peserta Rakornas.

Dia juga mengaku cukup senang dengan adanya bazar tersebut karena sebagian kekhasan Kalteng telah dipajang di gerai-gerai di lokasi pameran.

Sementara itu, salah satu peserta bazar dari IPEMI, Risdiah mengaku gembira dengan adanya bazar tersebut karena pihaknya bisa langsung mengenalkan produknya kepada pengunjung yang sebagian besar berasal dari luar Kalimantan Tengah.

Di lokasi bazar juga diadakan pameran fotografi yang menampilkan berbagai potensi wisata di Provinsi berjuluk "Bumi Tambun Bungai" dan "Bumi Pancasila" ini.

Sementara Rakornas ini akan dihadiri Wapres RI Jusuf Kalla yang akan memberikan materi pada Seminar Internasional bertema "Meningkatkan Kualitas Menuju PTIS Berdaya Saing Global".


Pengamanan

Sementara itu dari sisi pengamanan, setidaknya sekira 1.454 lebih personel gabungan dari TNI dan Polri yang teediri dari TNI AD 980 personel, TNI AU 35 dan Rekan dari Polda ada 453 personel.

Pantauan di lapangan, sejumlah personel TNI bersenjata langkap telah ditempatkan di sejumlah ruas jalan yang akan dilalui Wapres.

Penjagaan di kawasan sekitar UM Palangka Raya yang menjadi tujuan satu-satunya kedatangan Wapres JK di kota ini juga semakin diperketat. Warga yang tidak berkepentingan juga dilarang masuk ke tempat acara. Puncaknya pada Rabu pagi, hanya warga yang memiliki tanda pengenal khusus yang boleh berada di lokasi.