Wagub Kalteng Manfaatkan Kedatangan Wapres Untuk Paparkan Kendala Percepatan Pembangunan

id kalimantan tengah, kalteng, wagub kalteng, Wakil Gubernur Kalimantan Tengah, Ismail, habib ismail, kedatangan wapres, Jusuf Kalla

Wagub Kalteng Manfaatkan Kedatangan Wapres Untuk Paparkan Kendala Percepatan Pembangunan

Wakil Gubernur Kalimantan Tengah, Ismail (Foto Antara Kalteng/Rendhik Andika)

Palangka Raya (Antara Kalteng) - Wakil Gubernur Kalimantan Tengah, Ismail memanfaatkan kehadiran Wakil Presiden ke Palangka Raya untuk memaparkan berbagai kendala yang dihadapi dalam melakukan percepatan pembangunan di provinsi itu.

Kondisi tata ruang sesuai peraturan daerah nomor 5 tahun 2015 di mana kawasan non hutan (APL) hanya 18 dan sebanyak 517 desa serta sejumlah infrastruktu masuk kawasan hutan, kata Ismail di acara rapat kerja koordinasi nasional serta seminar dan lokakarya Perguruan Tinggi Islam Swastas di Palangka Raya, Rabu.

"Pemerintah Provinsi Kalteng per 17 Maret 2017 telah mengajukan surat kepada Menteri Dalam Negeri terkait usulan penyelesaian permasalahan Perda RTRW Provinsi Kalteng, dan juga dalam rangka melaksanakan program nawacita Presiden Indonesia berkaitan reformasi agraria," tambahnya.

Dikatakan beberapa Program Strategis Nasional di Kalteng diantaranya pembangunan Jalur Kereta Api Umum dari Puruk Cahu ke Batanjung melalui Bangkuang, dan saat ini sedang menunggu terbitnya jaminan risiko politik dari Pemerinah pusat.

Kemudian food Estate yang terdiri dari pengembangan padi organik seluas 300 ribu hektare berlokasi di Kota Palangka Raya, Kabupaten Pulang Pisau dan Kapuas. Pengembangan tebu seluas 273.287 hektare di Kabupaten Barito Selatan dan Barito Utara, serta pengembangan singkong seluas 40 ribu hektar di Kabupaten Seruyan.

"Pembangunan konektivitas meliputi, pembangunan/peningkatan ruas jalan strategis menuju outlet yakni, jalan lintas Kalimantan Poros Selatan, jalan penghubung poros tengah dan poros selatan, jalan Palangka Raya menuju Buntok hingga Ampah," kata Ismail.

(Baca : Wapres Dianugerahi Gelar Raja Marunting Batu Pangumbang Langit)

Selain itu jalan penyambung ekonomi dari Palantaran, Parenggean, Tumbang Sangai, Antang Kalang, Pangkalan Bun, Kotawaringin Lama, Sampit, Samuda hingga Ujung Pandaran. Pelebaran jalan nasional menjadi 2-7-2, pembangunan/peningkatan beberapa pelabuhan yakni Sampit-Bagendang, Teluk Sigintung, Sebuai, dan Batanjung.

"Bandara Tjilik Riwut dan Iskandar serta pembangunan RSUP wilayah Kalimantan juga menjadi proyek strategis Nasional di Kalteng," kata Ismail.

Wapres Jusuf Kalla hadir di Palangka Raya untuk menjadi pemateri dalam acara Rapat Kerja Nasional dan Seminar Internasional BKS-PTIS se-Indonesia di Universitas Muhammadiyah Palangka Raya (UMP).