Pengembangan Pariwisata Barito Selatan Terkendala Anggaran

id barito selatan, buntok, Raden Sudarto, anggaran pariwisata, Pengembangan Pariwisata Terkendala Anggaran

Pengembangan Pariwisata Barito Selatan Terkendala Anggaran

Kepala Dinas Pemuda Olahraga, Kebudayaan dan Pariwisata Barsel, H. Raden Sudarto (Foto Antara Kalteng/Bayu Ilmiawan)

Buntok (Antara Kalteng) Pengembangan sektor pariwisata di wilayah Kabupaten Barito Selatan, Kalimantan Tengah terkendala keterbatasan anggaran.

"Dalam pengembangan sektor pariwisata masih terkendala anggaran dana," kata kepala Dinas Pemuda Olahraga Pariwisata dan Kebudayaan (Dipiraparbud) Barsel, Raden Sudarto di Buntok, Rabu.

Karena keterbatasan anggaran lanjut dia, pihaknya mengalami kesulitan dalam membangun infrastruktur jalan menuju ke tempat atau objek wisata yang akan dikembangkan.

"Oleh karena itu sektor pariwisata di wilayah Barito Selatan ini sulit dikembangkan karena anggaran terbatas," kata Raden Sudarto.

Padahal kata dia, apabila sektor pariwasata ini bisa dimaksimalkan dapat meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD).

Ia mengatakan, untuk wilayah Barsel hampir disemua kecamatan memiliki objek wisata, akan tetapi karena keterbatasan anggaran dan infrastruktur sehingga sulit dikembangkan.

Dia meyakini apabila dikembangkan secara baik dan benar mampu menarik minat wisataan baik dari luar maupun lokal dan pihaknya berharap kepada Pemerintah Kabupaten dan DPRD Barsel bisa mengakomodir dana yang memadai untuk pengembangan objek wisata ini.

"Paling tidak membenahi khususnya jalan menuju tempat pariwisata dan untuk sarana dan prasarananya dibangun secara bertahap," demikian Raden Sudarto.